kajian Kitab Ahwalul Qubur Karya Al-Hafidz Ibnu Rojab ( Bgian 33 ) 

kajian Kitab Ahwalul Qubur Karya Al-Hafidz Ibnu Rojab ( Bgian 33 )

Lanjutan Bab Keenam (2)

دلالة القرآن على عذاب القبر

  وقد دل القرآن على عذاب القبر في مواضع كقوله تعالى: {وَلَوْ تَرَى إِذِ  الظَّالِمُونَ فِي غَمَرَاتِ الْمَوْتِ وَالْمَلائِكَةُ بَاسِطُو  أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُوا أَنْفُسَكُمُ الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ  الْهُونِ بِمَا كُنْتُمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ غَيْرَ الْحَقِّ  وَكُنْتُمْ عَنْ آيَاتِهِ تَسْتَكْبِرُونَ} [الأنعام: 93] .

Al qur’an telah menunjukkan adanya adzab kubur pada beberapa tempat, seperti firman Allah dalam surat al an’am ayat 93 :  ” Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang  zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakratul maut, sedang para malaikat  memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah nyawamu”.
Di  hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, karena  kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan  (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.”

وخرج الترمذي بإسناده، عن علي قال: ما زلنا نشك في عذاب القبر حتى نزلت  {أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ * حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ} [التكاثر: 1،  2] .

 وخرج ابن حبان في صحيحه من حديث حماد بن سلمة عن محمد بن عمرو عن  أبي سلمة عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم في قوله سبحانه وتعالى  {فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكاً} [طه: 124] ، قال: “عذاب القبر” .

 وقد روى موقوفا وروى عن أبي هريرة مرفوعا.

 وروى من وجه آخر من حديث أبي سعيد الخدري مرفوعا وموقوفا وسيأتي إن شاء الله.

Imam Tirmidzi dengan sanadnya menerbitkan dari ‘Ali, dia berkata : ” kami selalu meragukan adanya adzab kubur hingga turun surat at takatsur ayat 1-2 : ” bermegah-megahan telah melalaikan kamu hingga kamu masuk ke dalam liang kubur.”
Ibnu Hibban menerbitkan dalam kitab shohihnya dari haditsnya Hammad bin  Salamah dari Muhammad bin Amr dari Abi Salamah dari Abu Hurairoh dari  Nabi shollallohu alaihi wasallam tentang firman Allah subhanahu wata’ala  : ” maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit ” (Thaha ayat 24). Beliau bersabda : “itu adalah siksa kubur.” Telah di riwayatkan secara mauquf dan di riwayatkan dari Abu Hurairoh secara marfu’.  Juga diriwayatkan dari jalur lainnya dari hadtsnya Abi Sa’id Al -Khudri secara marfu’ dan mauquf, akan disebutkan nanti insya Allah.

وقال آدم بن أبي أياس حدثنا المسعودي عن عبد الله بن المخارق عن أبيه عن  ابن مسعود قال إذا مات الكافر أجلس في قبره فيقال له من ربك وما دينك فيقول  لا أدري فيضيق عليه قبره ثم قرأ ابن مسعود “فإنه له معيشة ضنكا” قال  المعيشة الضنك عذاب القبر.  وروى شريك عن ابن إسحاق عن البراء في قوله: {وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا عَذَاباً دُونَ ذَلِكَ} [الطور: 47] ، قال عذاب القبر.

Adam bin Abi Iyas berkata : telah menceritakan kepada kami Al Mas’udi  dari Abdullah bin Al Makhoriq dari ayahnya dari Ibnu Mas’ud berkata : ” ketika orang kafir meninggal dunia, ia di dudukkan di dalam kuburnya. dikatakan kepadanya : ‘siapa Rabbmu dan apa agamamu ?’ ia berkata : ” aku tidak tahu.’ Kemudian kuburan disempitkan baginya.

Lalu Ibnu Mas’ud membaca ayat : ” maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit” (thaha ayat 24). Ibnu Mas’ud berkata : ” kehidupan sempit adalah adzab kubur”. Syuraik meriwayatkan dari ibnu Ishaq dari Al Barro’ tentang firman  Allah : “sesungguhnya bagi orang-orang yang dholim ada adzab selain itu” (At  thur ayat 47). Al Barro’ berkata : ” maksudnya adalah adzab kubur.”

وكذا روى عن ابن عباس في قوله سبحانه وتعالى: {وَلَنُذِيقَنَّهُمْ مِنَ  الْعَذَابِ الْأَدْنَى دُونَ الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ} [السجدة: 21] ، إنه  عذاب القبر.  وكذا قال قتادة والربيع بن أنس في قوله عز وجل  {سَنُعَذِّبُهُمْ مَرَّتَيْنِ} [التوبة: 101] أحدهما في الدنيا والأخرى هي  عذاب القبر.

begitu juga diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firman Allah subhanahu wata’ala : ” dan sesungguhnya Kami akan merasakan kepada mereka sebagian adzab yang  dekat (di dunia) sebelum adzab yg lebih besar (di akherat)”. (As Sajdah ayat 21)
Ibnu Abbas berkata : “sesungguhnya yg di maksud adzab yang dekat adalah adzab kubur.” Begitu juga Qatadah dan Ar Robi’ bin Anas berkata tentang firman Allah Azza wajalla : ” nanti mereka akan Kami adzab dua kali ” (At Taubah ayat 101). Salah satunya di dunia dan lainya adalah adzab kubur. Bersambung………
Wallohu a’lam. [Ust.Nur Hamzah]  # Rabbi zidna ‘ilman nafi’a #
Demikian artikel, kajian Kitab Ahwalul Qubur Karya Al-Hafidz Ibnu Rojab ( Bgian 33 ). Semoga dapat bermanfaat.
Sumber ini Ada disini

Pos terkait