1222. WASIAT ULAMA MENGENAI TAQWA

OLEH : Bib Mumu Bsa

wasiat ulama mengenai taqwa
قال العلماء رضوان الله عليهم : التقوى عبارة عن امتثال أوامر الله تعالى ، واجتناب نواهيه ظاهراً وباطناً ، مع استشعار التعظيم لله ، والهيبة والخشية والرهبة من الله .
وقال بعض المفسرين رحمهم الله في قوله تعالى : (اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ)[ال عمرن:102]: هو أن يطاعَ فلا يعصى ، ويذكر فلا ينسى ، ويشكر فلا يكفر. انتهى ولن يستطع العبد ولو كان له ألف ألف نفس إلى نفسه، و ألف ألف عمر إلى عمره ، أن يتقي الله حق تقاته ولو أنفق جميع ذلك في طاعة الله ومحابه ، وذلك لعظم حق الله تعالى على عباده ، ولجلال عظمة الله، و علو كبريائه ، و ارتفاع مجده،
berkata para ulama ridwanullahi alaihim,: taqwa adalah istilah dari ”melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya secara lahir dan batin seraya merasakan bahwa keagungan yang haqiqi hanyalah milik Allah ta’ala, dan pemujaan, ketakutan, serta rasa cemas terhadap-Nya.
dalam menafsirkan ayat:” bertaqwalah kepada Allah, sebenar-benar taqwa kepada-Nya” sebagian mufassir mengatakan, bahwa Allah ta’ala harus di ta’ati, tidak boleh dima’siati, harus di ingat, tidak boleh dilupakan, harus di syukuri, tidak boleh di kufuri. dan tidak akan mampu seorang hamba bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya, walaupun bagi hamba tersebut memiliki seribu diri selain dirinya dan seribu umur selain umurnya, walaupun semua itu di gunakan untuk ta’at kepada-Nya dan mencintai-Nya, dan hal itu lantaran amat besarnya haq Allah atas hamba-hamba-Nya, juga karna amat besarnya keagungan Allah, amat mulia kedudukan-Nya dan tinggi kemulian-Nya.
و قد قال أفضل القائمين بحقِّ الله، وأكملهم ، محمد -صلَّى الله عليه وآله وسلَّم- في دعائه ،اعترافاً بالعجز عن القيام بإحصاء الثناء على الله :((أعوذ برضاك من سخطك ، وبمعافاتك من عقوبتك ، وأعوذ بك منك ، لا أحصي ثناء عليك أنت كما أثنيت على نفسك ))
Rasulullah shalallahu ‘alaihi was sallam, sebagai manusia yang sangat sempurna dalam menunaikan hak-hak Allah Ta’ala, telah bersabda dalam sebuah do’anya, sebagai pengakuan atas ketidak mampuan beliau memenuhi pujian kepada Allah ta’ala, beliau berdo’a ”aku berlindung dengan keridhoan-Mu dari murka-Mu, dengan ampunan-Mu dari pembalasan-Mu, aku tidak mampu menghitung pujian atas-Mu, sebagaimana Engkau memuji atas Dzat-Mu sendiri”
وقد بلغنا أن لله ملائكة لم يزالوا منذ خلقهم الله في ركوع وسجود، وتسبيح وتقديس، لا يفترون عنه، ولا يشتغلون بغيره ، فإذا كان يوم القيامة يقولون : (( سبحانك ولك الحمد. ما عرفناك حق معرفتك و لا عبدناك حقَّ عبادتك)).
dan telah sampai kepada kita , bahwa Allah swt. menciptakan malaikat, yang sejak diciptakan senantiasa ruku’ sujud, bertasbih, dan mensucikan-Nya, tidak pernah lelah dan tidak pernah disibukan dengan pekerjaan lain selain itu. kelak bila hari kiamat tiba, malaikat akan berkata:” Maha suci Engkau wahai Tuhan, bagiMu segala pujian. kami tiada mengenal-Mu sebenar-benarnya pengenalan, dan kami tidak beribadah kepada-Mu sesungguh-sungguhnya ibadah”.
وقد قال بعض العلماء : إن قوله تعالى : (اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ)[ال عمران:102]، منسوخ بقوله :(فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ )[التغابن:16]. وقال بعضهم :الاية الثانية مبينة للمراد من الآية الأولى لا ناسخة لها ، وهذا هو الصواب إن شاء الله تعالى
sebagian ulama berkata: bahwa firman Allah ta’ala yang berbunyi: ”bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepada-Nya” ayat ini telah mansukh (terhapus) oleh ayat lain yang berbunyi: ”maka bertaqwalah kepada Allah menurut kesanggupanmu” (at-taghabun:16)sebagian ulama yang lain berkata pula, bahwa ayat kedua ini menerangkan maksud ayat pertama, dan bukan sebagai nasikh (penghapus). saya berharap, semoga pendapat kedua inilah yang benar. 
فإن الله تعالى – وله الحمد – لا يكلف نفساً إلا وسعها ، وإن كان له ذلك لو أراده وأمربه ، لأن له أن يفعل في ملكه وسلطانه ما شاء ؛ ولكنه سبحانه قد خفف ويسر ، كما قال تعالى 🙁 يُرِيدُ اللّهُ أَن يُخَفِّفَ عَنكُمْ وَخُلِقَ الإِنسَانُ ضَعِيفًا)[النساء:28].(يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ )[البقرة:185/2].sesungguhnya Allah Ta’ala – dan baginya segala puji – tidak akan memberatkan seseorang melainkan sekedar yang mampu dilakukannya, meski jika berkehendak, Dia berhak memerintahkan apa saja yang dikehendaki-Nya. sebab Allah swt. berhak melakukan apa saja sekehendak-Nya di dalam kerajaan dan kekuasaan-Nya, namun Dia senantiasa meringankan dan memudahkan. sebagaimana firman-Nya: ” Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah” (an-Nisa:28) dan Firman-Nya: ”Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (al-Baqarah:185)
قال الأمام الغزالي رحمه الله في ((الإحياء)): لما نزل قوله تعالى: (لِّلَّهِ ما فِي السَّمَاواتِ وَمَا فِي الأَرْضِ وَإِن تُبْدُواْ مَا فِي أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ اللّهُ )[البقرة:284/2].
شق ذلك على أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم ورضي عنهم ،فجاء وا إليه وقالوا : يا رسول الله ، كُلِّفنا ما لا نطيق ! وفهموا من الاية المؤاخذة والمحاسبة حتى على حديث النفس ، فقال لهم عليه لسلام :(( أتريدون أن تقولوا كما قالت بنو إسرائيل : سمعنا وعصينا ! ولكن قولوا سمعنا وأطعنا، غفرانك ربنا وإليك المصير)). فقالوا ذلك ، فأنزل الله : (آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللّهِ وَمَلآئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ وَقَالُواْ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ )[البقرة:285].
Imam ghazali ra. berkata dalam kitabnya Ihya ulumud diin, tatkala turun ayat ini:”kepunyaan Allah lah segala apa yang ada di langit dan dibumi. dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu, atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatan itu”.(al-Baqarah:284)
ketika ayat ini turun, para sahabat merasa gelisa, lalu mendatangi Rasulullah saw. seraya berkata, ”kami telah dibebani sesuatu yang kami tak sanggup menghindarinya”
pemahaman mereka tentang maksud ayat tersebut ialah, bahwa Allah swt. akan membalas dan menghitung segala apa yang mereka lakukan,hingga apa yang terlintas dalam hati mereka.Rasulullah saw. menyangga pendapat tersebut dengan sabdanya:’‘apakah kamu hendak berkata sebagaimana yang dikatakan oleh kaum bani israil, yaitu kami mendengar tetapi kami tidak mau patuh, jangan begitu! tetapi katakanlah ”kami mendengar dan kami patuh, kami memohon ampunan-Mu wahai Tuhan. kepada-Mu jualah kami akan kembali”.para sahabat pun mengatakan perkataan ini, dan untuk itu Allah swt. menurunkan ayat lain yang berbunyi : ”Rasul telah beriman kepada Al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman”. (al-Baqarah:285)
فحكى ذلك عنهم وما بعده من دعائهم :بأن لا يؤاخذهم بالنسيان والخطأ، ,أن لا يحمل عليهم الإصر ، إلى آخر ما أخبر به عنهم. فاستجاب لهم وخفف ويسر ورفع الحرج، فله الحمد كثيراً .
وبيَّن ذلك عليه السلام بقوله : ((تجوز لي عن أمتي الخطأ والنسيان وما استكبر هوا عليه ، وما حدثوا به أنفسهم ما لم يقولوا أو يعلموا)) الحديث
* * *
Allah swt. telah menceritakan kepada kita peristiwa orang-orang yang beriman tadi dalam ayat ini dan ayat-ayat berikutnya. yakni, oleh sebab do’a mereka, Allah swt. tidak akan menganggap salah setiap perkara yang dilakukan secara tidak sengaja atau sebab lupa, dan Allah tidak akan memberati mereka sesuatu yang tidak mereka sanggupi, hingga akhir ayat yang diceritakan dalam surat al-Baqarah.sesungguhnya Allah swt. telah mengabulkan do’a para sahabat dan memberi keringanan dan kemudahan, serta mengangkat beban yang mereka risaukan itu. karna itu, kita wajib mengucapkan rasa syukur ke Hadirat Allah azza wa jalla.Rasulullah saw. telah menerangkan maksud ini dalam sebuah hadist yang berbunyi: ”di ma’afkan atas umatku kesalaham dan lupa serta perbuatan yang dipaksa, dan juga apa yang terlintas dalam hati, selagi mereka tidak mengatakan atau mengamalkannya”.

Pos terkait