1484. HUKUM MEMBERIKAN ZAKAT MAL KEPADA TETANGGA

PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum, wr.wb. Kronologi : Dalam 2 tahun terakhr ini, dalam tiap bulan nya ana selalu ketitipan uang zakat mal dari seseorang untuk diberikan kepada sang mustahiq. Tentang siapa-siapa nya dari mustahiq itu, sang muzakki menyerahkan sepenuhnya ke ana. Pertanyaannya :
1. apakah boleh, jika jatah zakat mal tersebut saya rolling hanya untuk 3 orang saja (yang ada di sekitar wilayah rumah saya) ?
2. apakah sah, jika 1 dari 3 mustahiq tersebut adalah ibu saya (karena kebetulan dia seorang janda & kami bukan keluarga berada) ?
Buat yang mau jawab, ana ucapkan jazakumullahu khoiron katsiron. Wassalamu’alaikum,wr.wb. [Jalil Abdul].
JAWABAN :
Wa`alaikum salam.
1. Pada awalnya Harta zakat dibagikan kepada semua mustahiq apabila harta zakat yang hendak dibagikan itu banyak dan mencukupi kepada semua sasaran zakat (ashnâf) yang ada, dan kebutuhannya relatif sama. Dan Diperbolehkan memberikan semua harta zakat kepada ashnaf tertentu, bahkan menurut sebagian ashhâbus-syafi’i, seperti Ibnul Mundzir, ar-Ruyani Abi Ishaq asy-Syairazi, zakat boleh diberikan kepada 3 orang fakir atau miskin. (Tanwîrul Qulûb, 226). Bahkan menurut Ibnu Hajar dalam Syarhul-Ubâb mengutip pendapat Imam yang tiga (selain asy-Syafi’i), boleh diberikan kepada satu orang.  (I’ânatuh-thâlibîn, II/212).
وقال ابن حجر فى شرح العباب فال الائمة الثلاثة وكثيرون يجوز صرفها الى شخص واحد من الاصناف قال ابن عجيل اليمنى ثلاثة مسائل فى الزكاة يفتى فيها على خلاف المذهب نقل زكاة ودفع الزكاة واحد الى واحد ودفعها الى صنف واحد.(البجيرمى على الخطيب ص313جز2)
Keterangan : Setidaknya ada tiga hukum yang menurut ibnu ‘Ujail (ulama Syafi’iyah) tidak sealur dengan imam Syafi’I :
1.Bolehnya memindahkan zakat keluar desa
2.Bolehnya pengalokasian harta zakat hanya pada satu orang saja, pendapat ini didukung oleh ulama-ulama yang lain termasuk Imam Hanafi, Maliki dan Hambali
3.Bolehnya zakat untuk satu golongan.
2. Silahkan buka www.piss-ktb.com/2012/02/679-zakat-memberikan-zakat-pada-orang.html
Wallohu a’lam. [Mbah Jenggot].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/325494320806716/

Pos terkait