1606. HUKUM ISTIMTA’ ANTARA PUSAR DAN LUTUT KETIKA ISTRI SEDANG HAID

PERTANYAAN :
Bolehkah suami menikmati selangkangan istrinya tanpa memasukan hasafah ke dalam lobang farjinya ketika istri dalam keadaan haid ? [Ahmad Baqilaniy].
JAWABAN :
Mencumbu wanita di sekitar antara pusar dan lutut di selain farji istri sewaktu haidh, hukumnya khilaf, ada Ulama yang membolehkan dan ada pula yang mengharamkan. Istimta’ dengan anggota tubuh istri yang sedang haidl antara pusar dan lutut (suroh wa rukbah) adalah boleh asal tidak sampai jima’, dari Kitab al Iqna lil Maawardi :
وَيَحَرُمُ بِالْحَيْضِ ثَمَانِيَةُ أَشْيَاءَ اَلصَّلَاةُ وَالصِّيَامُ وَالْإِعْتِكَافُ وَالطَّوَافُ وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ وَحَمْلُ الْمُصْحَفِ وَدُخُوْلُ الْمَسْجِدِ وَوَطْءُ الزَّوْجِ وَلَا تَحْرُمُ مُؤَاكَلَةُ الْحَائِضِ وَلَا الْإِسْتِمْتَاعُ بِمَا دُوْنَ الْفَرْجِ مِنْهَا
“Diharamkan sebab haid delapan macam : Shalat, puasa, i`tikaf, thawaf, membaca Al Quran, membawa Mushaf, masuk masjid dan bersenggama. Tidak haram makan bersama wanita haid, dan tidak haram pula berlezat-lezat (bercumbu) dengan anggota badan selain vagina.” (al-Iqna fi al-Fiqh asy-Syafi’i: 27-28).
Menurut ibaroh yang disampaikan oleh imam an-Nawawi di dalam kitab Raudloh at-Thalibin juz 1 hlm 136 di dalam masalah ini terdapat tiga qoul, tetapi qoul yang ashoh menurut beliau adalah qoul yang menyatakan tentang keharamannya :
الضرب الثاني الاستمتاع بغير الجماع وهو نوعان : أحدهما الاستمتاع بما بين السرة والركبة والأصح المنصوص أنه حرام والثاني لا يحرم والثالث إن أمن على نفسه التعدي إلى الفرج لورع أو لقلة شهوة لم يحرم وإلا حرم وحكي القاضي قولا قديما  النوع الثاني ما فوق السرة وتحت الركبة وهو جائز أصابه دم الحيض أم لم يصبه وفي وجه شاذ يحرم الاستمتاع بالموضع المتلطخ بالدم
Wallaahu A’laamu Bis Showaab. [Kang As’ad].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/431890193500461/

Pos terkait