1972. KEUTAMAAN BUMI DIBANDING LANGIT

P E R T A N Y A A N :
Assalamuialaikum wa rahmatullaahi wa barakatuh waridwanuh. Pertanyaan titipan : ” lebih afdol mana langit sama bumi” ? nyimak [Mumu Bsa].
J A W A B A N :
Wa’alaikumussalaam. Lebih utama bumi dibanding langit, bumi lebih utama karena ada makam Nabi Muhammad shalallahu alaihi was sallam. Barusan nemu ‘Ibarah :
قولـه: (وعند دخول مكة) هي أفضل الأرض عندنا مطلقاً، وفضل مالك المدينة والخلاف في غير البقعة التي دفن بها فإنها أفضل حتى من العرش، والكرسي بالإجماع كما ذكره الشهاب في شرح الشفاء، ولكل من مكة، والمدينة أسماء كثيرة نحو مائة قال النووي ، ولا يعرف في البلاد أكثر أسماء منهما، وكثرة الأسماء تدل على شرف المسمى
Perkataan: (ketika memasuki mekkah) dia / mekkah adalah afdholnya tempat di bumi di sisi kami secara mutlaq, dan Imam malik lebih mengutamakan Madinah, adapun perselisihan terjadi adalah di tempat yang bukan di Makamkan Nabi di tempat itu, karena tempat dimana Nabi di makamkan di situ sesungguhnya lebih Afdhol walaupun dari Arsy, dan Kursi bil Ijma. sebagaimana yang disebutkan oleh ”Asy-Syihab” didalam kitab As-syifa, dan seluruhnya daripada Mekkah dan Madinah memiliki Nama yang banyak sekitar 100 nama, Imam Nawawi berkata dan tidak diketahui di satu negeri memiliki nama yang lebih banyak daripada keduanya, dan Banyaknya Nama menunjukkan atas mulianya yang dinamai. [Mumu Bsa].
LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/488975387791941/

Pos terkait