2808. APAKAH PONDOK PESANTREN WAJIB DIZAKATI

Pertanyaan: 

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Langsung saja ya. Mau tanya ditujukan kepada pak Kyai sama Bu Nyai KTB (PISS-KTB) ! Pak Yai dan Bu Nyai KTB (PISS-KTB) kan punya Pondok tu, apa Pondok itu juga wajib dizakati ? melihat dari realita bisa beli mobil, tanah, bangun rumah dll. Silahken Pak Yai dan Bu Nyai KTB (PISS-KTB) jawabannya ? Maksudnya apa pemilik pondok wajib mengeluarkan zakat atas dana yang terkumpul selama satu tahun dari uang para santri gitu ? dari uang santri itu kan selama satu tahun bisa jadi sudah mencapai batas wajib zakat mal. monggo ? [Azka Wisudawan].

Bacaan Lainnya

Jawaban atas pertanyaan 

Wa’alaikum salam Wr. Wb

Pondok Pesantren itu bukan dagangan, bukan bisnis, jadi tidak wajib dizakati, masalah kiyai dan ibu nyai punya mobil atau rumahnya besar itu bukan karena pondoknya, mungkin beliau itu punya usaha lain, seperti beliau itu pedagang, atau mungkin beliau itu petani yang lahan pertaniannya itu luas. Atau mungkin beliau itu naruh mudal di salah-satu santrinya, beliau berdoa kepada Alloh santrinya yang berdagang lancar karena kedekatan sang kiai kepada Alloh. Nah, kalau harta dagangan milik peribadi seperit itu wajib dizakati, kalau pondok pesantren apanya yang mau dizakati ?

Pembagian zakat
Zakat ada 2 (dua) : Zakat Mal (Harta) dan Zakat Badan.
[1]. Zakat mal ialah 6 harta yang wajib untuk dizakati antara lain:

  1. Binatang Ternak.
  2. Emas dan Perak.
  3. Harta Dagangan.
  4. Biji-bijian dan buah-buahan.
  5. Barang temuan (harta terpendam emas dan perak).
  6. Sumber pertambangan (Emas dan Perak).

[2]. Zakat Badan yaitu zakat fitrah.
Tak ada yang masuk untuk pondok pesantren. Orang juga tidak memperdagangkan santri. Jadi pondok pesantren tidak wajib dizakati. Kecuali kalau ternyata mempunyai modal dan digunakan untuk berdagang maka dagangan itu yang wajib dizakati. Atau mempunyai beberapa hektar sawah, maka hasilnya sawah yang berupa zuru’ atau tsimar nya yang wajib dizakati. Wallohu a’lam. [Duku Adam, Ibnu Al-Ihsany].

– Taqrirot Sadidah :

التقريرة السديدة في المسائل المفيدةتلخيص لأهم مسائل الأبواب الفقهية بأسلوب مبسط وحديث مستفاد من كتب علمائنا الشافعية ومن دروس العلامة الفقيه المحقق زين بن إبراهيم بن زين بن سميطالمؤلف ؛ حسن بن أحمد بن محمد بن سالم الكافقسم العباداتصحـ؛ ٣٩٦_

_أقسام الزكاة ؛ قسمان ؛ زكاة مال و زكاة بدن١ ـ زكاة المال وهي الأموال الستة التي تجب فيها الزكاة ؛ النعم، والنقدان، وعروض التجارة، والمعشرات، والركاز، والمعدن٢ ـ زكاة البدن، وهي زكاة الفطر كما ستأتي.

Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat.

Sumber Baca Disini
Silahkan baca juga artikel terkait.

Pos terkait