5012. KAJIAN KITAB FUTUHUL GHAIB (BAGIAN 71)

[Menyingkap Rahasia Ilahi] Mutiara karya Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany ra
RISALAH KE-71
Kamu termasuk dalam salah satu dari dua perkara ini, pencari atau yang dicari. Jika kamu menjadi murid, maka kamu adalah pencari. Tetapi, jika kamu seorang guru, maka kamu adalah orang yang dicari. Jika kamu menjadi pencari, yaitu murid, maka kamu akan menanggung beban yang berat dan memayahkan. Kamu akan terpaksa bekerja keras untuk mencapai tujuan yang kamu idamkan itu.  Tidak pantas kamu lari dari kesusahan yang menimpa dirimu, yang berupa  kesusahan hidup, harta benda, keluarga dan sanak saudaramu.  Pada  akhirnya, beban yang kamu tanggung itupun akan diringankan juga dan  diambil dari kamu serta kesusahan itu akan dibuang dari kamu.
Kemudian, kamu akan diberi keselamatan dan kesentosaan serta akan  dilepaskan dari dosa dan maksiat dan dari kebergantungan kepada mahluk.  Kamu akan masuk ke dalam golongan hamba-hamba Allah yang dikasihi dan  dipelihara-Nya. Sedangkan jika kamu menjadi seorang yang dicari,  yaitu guru, maka janganlah kamu menyalahkan Allah manakala Allah  menimpakan kesusahan kepadamu, dan jangan pula kamu meragukan  kedudukanmu di sisi Allah, karena Allah hendak mengujimu supaya  kedudukanmu ditinggikan di sisi-Nya.
Allah hendak menaikkan kedudukanmu ke tingkat yang mulia dan tingkat Abdal. Apakah kamu ingin kedudukanmu direndahkan dari tingkat yang mulia dan tingkat Abdal ? Ataukah kamu ingin memakai pakaian yang lain selain pakaian mereka ? Sekalipun kamu rela dengan kedudukanmu yang rendah itu, tetapi Allah tidak rela.  Allah berfirman :  “Apabila kamu mentalak istri-istrimu, lalu habis iddahnya, maka  janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kawin lagi dengan bakal  suaminya, apabila telah terdapat kerelaan di antara mereka dengan cara  yang ma’ruf. Itulah yang dinasehatkan kepada orang-orang yang beriman di  antara kamu kepada Allah dan hari kemudian. Itu lebih baik bagimu dan  lebih suci, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS 2:232)
Allah hendak meninggikan, memuliakan dan membaikkan kamu, tetapi mengapa kamu tidak mau menerimanya ?  Mungkin kamu bertanya, mengapa hamba yang sempurna itu diuji, padahal  menurut sepengetahuan kamu bahwa ujian itu ialah untuk orang yang  mencintai Allah, yaitu orang yang dikasihi oleh Allah dan dicintai-Nya ?
Jawaban kami:  Dahulu, kami telah mengatakan aturannya dan kemudian kemungkinan perkecualiannya.  Nabi besar Muhammad SAW adalah orang yang paling dicintai Allah, tetapi beliaupun mendapat ujian yang paling berat.  Beliau pernah bersabda :  “Aku adalah orang yang paling takut kepada Allah, sehingga tidak ada orang yang lebih takut kepada Allah daripada aku. Aku mendapatkan penderitaan yang paling hebat, sehingga tidak ada orang  yang penderitaannya sama dengan penderitaanku. Pernah selama tigapuluh  hari tigapuluh malam aku tidak mendapatkan makanan walau hanya sebesar  yang dapat disembunyikan di bawah ketiak bilal.”
Sabda Nabi lagi : “Sesungguhnya kami dari golongan para Nabi adalah orang-orang yang  paling berat diuji, kemudian orang-orang yang berada di bawah peringkat  kami, kemudian orang-orang yang berada di bawah itu, dan begitulah  seterusnya.” Sabdanya lagi :   “Akulah orang yang paling baik di sisi Allah dan paling takut kepada-Nya daripada kamu sekalian.” Bagaimana bisa terjadi orang yang dicintai Allah itu diuji dan ditakutkan, padahal ia adalah hamba yang dicintai dan sempurna?  
Sebenarnya ujian itu bertujuan meninggikan derajat mereka di akhirat  kelak, karena derajat kehidupan akhirat itu tidak akan ditinggikan  kecuali melalui amal saleh di dalam kehidupan dunia ini. Dunia ini adalah ladang akhirat.  Amal saleh para Nabi dan wali, setelah melakukan perintah dan  meninggalkan larangan, adalah terdiri atas kesabaran, rela dengan suka  hati dan menyesuaikan diri dengan ujian.  Setelah itu, ujian itu  akan dihindarkan dari mereka, dan mereka akan mendapatkan karunia,  keridhaan dan kasih sayang Allah sampai mereka menemui Allah SWT. Wallohu a’lam.
المقالة الحادية السبعون   فـي الــمــريـــد والــمـــراد
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : لا يخلو إما أن تكون مريداً أو مراداً.
 فإن كنت مريداً فأنت محمل و حمال يحمل كل شديد و ثقيل، لأنك طالب و الطالب  مشقوق عليه حتى يصل إلى مطلوبه و يظفر بمحبوبه و يدرك مرامه، و لا ينبغي  لك أن تنفر من بلاء ينزل بك في النفس و المال و الأهل و الولد، إلى أن يحط  عنك الأعمال، و يزال عنك الأثقال، و يرفع عنك الآلام و يزال عنك الأذى و  الإذلال، فتصان عن جميع الرذائل و الأدران و الأوساخ و المهانات و الافتقار  إلى الخليقة و البريات، فتدخل في زمرة المحبوبين المدللين المرادين.
و  إن كنت مراداً فلا تتهمن الحق عزّ و جلّ في إنزال البلية بك أيضاً، و لا  تشكن في منزلتك و قدرك عنده عزّ و جلّ، لأنه قد يبتليك ليبلغك مبلغ الرجل، و  يرفع منزلتك إلى منازل الأولياء.
أتحب ما يحط منزلتك عن منازلهم و  درجاتك عن درجاتهم و أن تكون خلعتك و أنوارك و نعيمك دون ما لهم، فإن رضيت  أنت بالدون فالحق عزّ و جلّ لا يرضى لك بذلك . قال تعالى : }وَاللّهُ  يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ{. البقرة٢١٦ +٢٣٢.آل عمران٦٦.النور١٩.  يختار لك الأعلى و الأسنى و الأرفع و الأصلح و أنت تأبى.
فإن قلت: كيف يصلح ابتلاء المراد مع هذا النعيم و البيان مع أن الابتلاء إنما هو للمحب، و المدلل إنما هو المحبوب.
 يقال لك ذكرنا الأغلب أولاً و سمرنا بالنادر الممكن ثانياً.
 لا خلاف أن النبي صلى الله عليه و سلم كان سيد المحبوبين أشد الناس بلاء، و  قد قال صلى الله عليه و سلم ( لقد خفت في الله ما لا يخافه أحد، و لقد  أوذيت في الله لم يؤذه أحد، و لقد أتى علي ثلاثون يوماً و ليلة و ما لنا  طعام إلا شيء يواريه إبط بلال ) و قد قال صلى الله عليه و سلم ( إنا معاشر  الأنبياء أشد الناس بلاء ثم الأمثل فالأمثل ) و قد قال صلى الله عليه و سلم  ( أنا أعرفكم بالله و أشدكم منه خوفاً ) فكيف يبتلى المحبوب و يخوف المدلل  المراد و لم يكن ذلك إلا بما أشرنا إليه من بلوغ المنازل العالية في الجنة  لأن المنازل في الجنة لا تشيد و لا ترفع بالأعمال في الدنيا.
الدنيا  مزرعة الآخرة، و أعمال الأنبياء و الأولياء بعد أداء الأوامر و انتهاء  النواهي و الصبر و الرضا و الموافقة في حالة البلاء يكشف عنهم البلاء و  يواصلون بالنعيم و الفضل و الدلال و اللقاء أبد الآباد،   و الله أعلم.
LINK ASAL:
www.fb.com/notes/1346454698710668

www.fb.com/groups/piss.ktb/1279381528751319/

Pos terkait