5075. KAJIAN KITAB : SYARAH UQU’UDUL LUJAIN (BAGIAN 8)

SYARAH ‘UQUUDUL LUJAIN BAGIAN 8
(وَعَنْ) سيدنا عبد الله  (ابْنِ  عُمَرَ) رضي الله عنهما  (عَنِ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  أَنَّهُ قَالَ: كُلُّكُمْ رَاعٍ) أي حافظ  مؤتمن ملتزم لصلاح ما ائتمن على حفظه، فهو مطلوب بالعدل فيه، والقيام  بمصالحه  (وَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) في الآخرة، فإن وفى ما عليه من  الرعاية حصل له الحظ الأوفر، وإلا طالبه كل أحد منهم بحقه في الآخرة   (فَالإِمَامُ) الأعظم أو نائبه  (رَاعٍ) فهو ولي عليهم  (وَ) هو   (مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) هل راعى حقوقهم أوْلا ؟  (وَالرَّجُلُ رَاعٍ  فِي أَهْلِهِ) أي زوجته وغيرها  (وَ) هو  (مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) هل  وفاهم حقوقهم، من كسوة ونفقة وغيرهما كحسن عِشْرةٍ  أوْلا ؟
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, Dari nabi SAW beliau bersabda :   Setiap kalian adalah gembala,dan akan ditanya tentang gembalaannya  diakhirat, jika ia melaksanakan dan memelihara apa yang jadi tanggung  jawabnya maka ia akan memperoleh bagian yang sempurna (ganjaran disisi  Allah). Dan jika sebaliknya, maka ia akan dituntut oleh satu persatu gembalaannya akan hak-haknya.
Seorang Imam atau pemimpin (dan atau wakilnya) adalah gembala bagi yang  dipimpinnya, ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya,Dan seorang  laki-laki (suami) adalah gembala bagi ahlinya (isteri, anak, hamba  sahayanya dll) ia akan dimintai pertanggung jawabannya atas mereka, apakah ia memenuhi hak-hak mereka atau tidak ? seperti pakaian dan  nafaqoh dan selainnya seperti apakah menggauli mereka dengan baik atau  tidak ?
(وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا) بحسن تدبير  المعيشة، والنُصْح له، والشفقة، والأمانة، وحفظ نفسها، وماله وأطفاله   (وَ) هي  (مَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا) هل قامت بما عليها أوْلا ؟   (وَالْخَادِمُ رَاعٍ فِي مَالِ سَيِّدِهِ) بحفظه، والقيام بمصالحه  (وَ) هو   (مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ) هل وفى بما عليه أوْلا ؟  (وَالرَّجُلُ  رَاعٍ فِي مَالِ أَبِيهِ) بحفظه وتدبير مصلحته  (وَ) هو  (مَسْئُولٌ عَنْ  رَعِيَّتِهِ) هل وفى بذلك أوْلا ؟  (فَكُلُّكُمْ رَاعٍ، وَكُلُّكُمْ  مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِه) والفاء جواب شرط محذوف. ودخل في هذا العمومِ  المنفردُ الذي لا زوج له ولا خادم، فإنه يصدق عليه أنه راعٍ في جوارحه، حتى  يعمل المأمورات، ويجتنب المنهيات. رواه الإمام أحمد والبخاري ومسلم  وأبوداود والترمذي
Dan seorang Isteri akan ditanya soal tanggung  jawabnya mengurus rumah suaminya (dalam mengurus rumah tangga, dan memberikan saran kepada suaminya, dan lemah lembut, amanat,dan menjaga  atau memelihara dirinya dan harta suaminya dan anak-anaknya) Dan ia  isteri) akan dimintai pertanggung jawaban akan apa yang menjadi tanggung  jawabnya, apakah ia menjalankannya atau tidak ? Dan seorang  laki-laki akan ditanya tentang harta bapaknya (apakah harta tersebut  ditashorufkan kepad hal yang maslahat atau tidak ?
Maka setiap dari kalian adalah penggemban tanggung jawab,maka akan dimintai pertanggung jawaban.  Dan masuk dalam kategori umum ini (laki-laki yang mempunyai anak dan  isteri) yaitu laki-laki yang menyendiri (belum menikah, dan tidak  mempunyai khodim) mereka akan dimintai pertanggung jawaban akan seluruh  anggota tubuhnya,apakah dibawa dalam melaksanakan ibadah atau dibawa  dalam melakukan ma’shiyat. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam bukhori dan Imam muslim dan Abu dawud, serta Imam Turmudzi.
(وَقَالَ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللهَ اللهَ) منصوب بفعل محذوف  وجوبا لوجود التأكيد أي اتقوا الله  (فِيْ النِّسَاءِ فَإِنَّهُنَّ  أَمَانَاتٌ عِنْدَكُمْ، فَمَنْ لَمْ يَأْمُرْ امْرَأَتَهُ بِالصَّلاَةِ  وَلَمْ يُعَلِّمْهَا) أي أمور الدين  (فَقَدْ خَانَ اللهَ وَرَسُوْلَهُ)  وكان آخر ما وصى به رسول الله صلى الله عليه وسلم  ثلاثا، تكلم بهن حتى  تلجْلَجَ لسانه وخفي كلامه، وهي قوله صلى الله عليه وسلم: {الصَّلاَةَ  الصَّلاَةَ، وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ، لاَ تُكَلِّفُوْهُمْ مَا لاَ  يُطِيْقُوْنَ. اللهَ اللهَ فِيْ النِّسَاءِ، فَإِنَّهُنَّ عَوَان}  أي  أسراء {في أيديكم أَخَذْتُمُوْهُنَّ بِأَمَانَةاللهِ، وَاسْتَحْلَلْتُمْ  فُرُوْجَهُنَّ بِكَلِمَةِ اللهِ}.
Rosululloh bersabda :  Bertaqwalah kalian kepada Allah dalam urusan wanita, maka sesungguhnya mereka adalah amanat dari Allah disisi kalian,Barang  siapa yang tidak memerintahkan isterinya kepada sholat dan tidak  mengajarkan perkara agama kepadanya,maka ia telah berkhianat kepada  Allah dan RosulNYA. Dan wasiat terakhir rosulullah adalah tiga  perkara yang beliau ucapkan dengan tergagap dan sayup,tiga perkara itu  adalah “Laksanakan sholat, laksanakanlah sholat… Dan perintahkanlah  ahlimu melaksanakannya, dan jangan bebankan kepada mereka sesuatu yang  tak mungkin mereka  bisamenanggungnya. Bertaqwalah kalian kepada  allah. Bertaqwalah kalian kepada allah dalam urusan Wanita,karena mereka  adalah bagaikan tawanan ditangan kalian,kalian mengambilnya sebagai  amanat dari Allah dan kalian menghalalkan farjinya dengan kalimat Allah.
(وَقَالَ تَعالىَ) في سورة طه (وَ اْمُرْ أَهْلَكَ) أي أهل بيتك، وأهل دينك أي أتباعك  (بالصَّلاَةِ) أي الصلوات الخمس.
Allah berfirman dalam surat Thoha :  Perintahkanlah ahlimu kepada sholat
      (وَرُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ  قَالَ: لاَ يَلْقَى اللهَ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى أَحَدٌ بِذَنْبٍ  أَعْظَمَ مِنْ جَهَالَةِ أَهْلِهِ) ويقال: أول ما يتعلق بالرجل يوم القيامة  أهله وأولاده، ويقولون: ياربنا خذلنا حقنا من هذا الرجل، فإنه لم يعلمنا  أمور ديننا، وكا يطعمنا الحرام ونحن لا نعلم، فيضرب على كسب الحرام حتى  يتجرّد لحمه، ثم يذهب به إلى النيران. كذا في الجواهر للشيخ أبي الليث  السمرقندي.
Dan diriwayatkan dari rosulillah SAW,beliau bersabda : seseorang tidak datang kepada Allah dengan dosa yang lebih besar daripada membiarkan ahlinya dalam kebodohan. Dan diucapkan :  Awal keterkaitan seseorang dihari kiamat adalah Ahli dan anak-anaknya,mereka berkata : “Ya Robb… ambillah hak kami dari laki-laki ini, karena dia tidak  mengajarkan kami tentang perkara agama,dia memberi makan kami dari  perkara yang haram dan kami tidak tahu,dan daging dalam tubuh kami  tumbuh dari makanan harom,maka kemudian laki-laki ini digiring ke  neraka. Keterangan akan hal ini juga ditulis Syeikh Abi Laits Samarqondi dalam kitab Al-Jawaahir. Wallahu A’lam.
LINK ASAL:

www.fb.com/notes/1490690440953759

Pos terkait