5146. TAFSIR QS AS-SHOFFAT 143-144 : IKAN YANG MENELAN NABI YUNUS AS

PERTANYAAN :
Assalamualaikum. Apakah ada yang hadits yang menceritakan bahwa ikan yang telah menelan Nabi Yunus as masih hidup sampai hari kebangkitan? [ Ria Zaharani ].
JAWABAN :
Wa’alaikum salam. Tidak ada, adanya ayat al qur’an dan itupun tidak menunjukkan jika ikannya masih hidup sampai hari kebangkitan. Hanya andai andai saja. Lihat Surat as-Shoffat ayat 143 – 144 :
فَلَوْلَآ أَنَّهُۥ كَانَ مِنَ ٱلْمُسَبِّحِينَ  لَلَبِثَ فِى بَطْنِهِۦٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ
Maka kalau sekiranya dia (nabi Yunus) tidak termasuk orang-orang yang bertasbih, Niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.
– Tafsir at Tahrir wat Tanwir (24/177) :
ومعنى قوله ” إلى يوم يبعثون ” التأبيد بأن يميت الله الحوت حين ابتلاعه ويبقيهما في قعر البحر ، أو بأن يختطف الحوت في حجر في البحر أو نحوه فلا يطفو على الماء حتى يبعث يونس يوم القيامة من قعر البحر .
Makna firman Allah (sampai hari berbangkit) adalah pengabadian, misalnya Allah mematikan ikan ketika menelan Nabi Yunus dan Allah menetapkan keduanya di dalam palung laut, atau misalnya Allah merenggut ikan di dalam batu di dalam laut atau semisalnya, maka ikan tidak akan terapung diatas air hingga Allah membangkitkan Nabi Yunus di hari kiamat dari palung laut. Wallahu a’lam. [Mujawib : Ust.Nur Hamzah]
LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1576019069087562/

www.fb.com/groups/piss.ktb/1376617985694339/

Pos terkait