5150. TAFSIR Q.S AT-TAUBAH AYAT 28 : MAKSUD KENAJISAN ORANG MUSYRIK

PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum. Nderek tangklet, yang dimaksud najis dalam surat at-taubah ayat 28 itu najis secara bagaimana ya ? ataukah ada hubungan dengan ayat lain ? Matur suwun. [Nailal Muna].
JAWABAN :
Wa’alaikum salam.  Dalam kitab I’anatut tholibiin hal 90/1 :
واما قوله تعالى انماالمشركون نجس ،فالمراد به نجاسة الاعتقاد اى انما اعتقاد المشركين كالنجاسة فى وجوب الاجتناب،
Adapun dawuh Alloh ta’ala (انماالمشركون نجس ) yang dimaksud najis di sini najis i’tiqodi (pertekadan) yakni i’tiqod nya musyrikin seperti najis sama sama wajib dijauhi nya.
– Surat at-Taubah ayat 28 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْمُشْرِكُونَ نَجَسٌ فَلَا يَقْرَبُوا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ بَعْدَ عَامِهِمْ هَٰذَا ۚوَإِنْ خِفْتُمْ عَيْلَةً فَسَوْفَ يُغْنِيكُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ إِنْ شَاءَ ۚإِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ
“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil haram sesudah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah nanti akan memberikan kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”
Maksud najis dalam ayat tersebut adalah najis maknawiah karena disandingkan dengan sifat musyrik, bukan najis dzatiyah. Maksud najis maknawi adalah gambaran dari pemilik sifat yang hina dan dijauhi oleh orang orang, maka dia tidak bisa menjadi orang yang utama selama dia mempunyai sifat seperti itu. Orang musyrik najis karena akidah/keyakinan isyroknya, terkadang jasadnya bersih, wangi dan tidak kotor dan terkadang mereka kotor jasadnya sebab berbalur najis karena agamanya tidak memerintahkan bersuci hanya saja cara kebersihan mereka berbeda beda berdasarkan kebiasaan mereka. Maksud pensifatan najis terhadap mereka dalam islam adalah hinanya mereka dan jauhnya mereka dari kumpulan kumpulan kebaikan, dan tiada keraguan bahwa buruknya aqidah/keyakinan lebih hina bagi pemiliknya untuk dihinakan daripada dzatiyah kotoran.
– Tafsir at Tahrir wat Tanwir (11/160) :
و نجس صفة مشبهة ، اسم للشيء الذي النجاسة صفة ملازمة له ، وقد أنيط وصف النجاسة بهم بصفة الإشراك ، فعلمنا أنها نجاسة معنوية نفسانية وليست نجاسة ذاتية .
والنجاسة المعنوية : هي اعتبار صاحب وصف من الأوصاف محقرا متجنبا من الناس فلا يكون أهلا لفضل ما دام متلبسا بالصفة التي جعلته كذلك ، فالمشرك نجس لأجل عقيدة إشراكه ، وقد يكون جسده نظيفا مطيبا لا يستقذر ، وقد يكون مع ذلك مستقذر الجسد ملطخا بالنجاسات لأن دينه لا يطلب منه التطهر ، ولكن تنظفهم يختلف باختلاف عوائدهم وبيئتهم . والمقصود من هذا الوصف لهم في الإسلام تحقيرهم وتبعيدهم عن مجامع الخير ، ولا شك أن خباثة الاعتقاد أدنى بصاحبها إلى التحقير من قذارة الذات
LINK ASAL :
www.fb.com/notes/1587009744655161/

Pos terkait