5172. KAJIAN KITAB RISALATU ADABI SULUKIL MURID [BAGIAN 8]

Karya : Al Habib Abdullah Alwi Al Haddad
فصلٌ
واحذَر أيُّها المُريدُ كلَّ الحذَرِ مِن تَركِ الجمُعةِ والجَماعاتِ، فإِنَّ ذلكَ مِن عاداتِ أَهلِ البَطالاتِ وسِماتِ أَربابِ الجهالاتِ.
وحَافِظ على الرَّواتبِ المشروعاتِ قَبلَ الصَّلاةِ وبَعدها، ووَاظِب على صَلاةِ الوَترِ والضُّحى وإِحياءِ ما بينَ العِشاءين، وكُن شَديدَ الحِرصِ على عِمَارةِ ما بَعدَ صَلاةِ الصُّبحِ إلى الطُّلوعِ، وما بعد صلاةِ العصرِ إلى الغروبِ فهذانِ وقتانِ شريفانِ تَفيضُ فيهما من الله تعالى الأمدادُ، على المتوجهين إليه من العبادِ.
Wahai murid, awas jangan sekali-kali anda meninggaikan shalat Jum’at dan mengabaikan salat berjama’ah, karena yang demikian merupakan adat kebiasaan orang yang lalai, dan tanda-tanda orang bodoh dan jahil. Sesudah itu hendaklah anda memelihara shalat sunat rawatib yang disyara’kan sebelum dan sesudah shalat fardu. Kemudian anda tunaikan pula shalat witir dan dluha.
Jangan lupa mengisi waktu antara Maghrib dan Isya’ dengan ibadat. Kemudian hendaklah anda tidak sia-siakan waktu sesudah Subuh hingga terbit matahari, dan waktu se­sudah Ashar sehingga matahari terbenam, karena kedua waktu ini adalah waktu-waktu yang mulia dimana berbagai karunia akan dicurahkan keatas hamba-hamba Allah yang memanjatkan permohonan kepada Allah Ta’ala.
وفي عمارةِ ما بعدَ صلاةِ الصبحِ خاصيةٌ قويةٌ في جلبِ الأرزاقِ الجسمانيةِ وفي عمارةِ ما بعد العصرِ خاصيةٌ قويةٌ لجلبِ الأرزاقِ القلبيةِ، كذلك جرَّبَه أربابُ البصائرِ من العارفين الأكابرِ.
وفي الحديثِ: (( إن الذي يقعدُ في مُصلاهُ يذكرُ اللهَ بعد صلاةِ الصبحِ أسرعُ في تحصيلِ الرزقِ من الذي يضربُ في الآفاقِ)) أعني يسافرُ فيها لطلبِ الأرزاقِ.
Adapun mengisi masa sesudah subuh dengan ibadat khusus akan membawa rizki untuk lahiriyah yaitu makan dan minum untuk tubuh. sedangkan mengisi ibadah selepas Ashar yang khusus akan membawa rizki untuk bathin yaitu makanan rohani untuk hati. Hal ini telah dilaksanakan oleh orang-orang yang arif dan mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah Ta’ala.
Di dalam sebuah hadist Nabi : ” Bahwa siapa yang terus duduk ditempat shalat berdzikir pada Allah selepas shalat Subuh adalah lebih terjamin mendapat rizki, daripada orang bepergian diperantauan “, maksudnya bepergian karena mencari rizki.
فصْلٌ
والذي عليه المُعوَّلُ في طريقِ اللهِ تعالى بعد فعلِ الأوامرِ واجتنابِ المحارمِ ملازمةُ الذكرِ لله فعليك به أيها المريدُ في كلِّ حالٍ وفي كلِّ وقتِ وفي كلِّ مكانٍ بالقلبِ واللسانِ. الذكرُ الذي يجمعُ جميعَ معاني الأذكارِ وثمراتِها الباطنةِ والظاهرةِ هو قولُ “لا إلهَ إلا اللهُ” وهو الذكرُ الذي يؤمرُ بملازمتِه أهلُ البدايةِ ويرجِعُ إليه أهلُ النهايةِ.
Yang paling utama bagi orang ketika menuju ke jalan Allah , sesudah mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan adalah selalu berdzikir pada Allah SWT. Anda harus berdzikir pada Allah dengan lisan dan hati yang tulus pada setiap keadaan, setiap waktu dan tempat.
Adapun kumpulan dzikir yang di dalamnya mengandung segala maksud dan tujuan yang lahir maupun yang bathin yaitu sebutan Lailaha illallah ( Tiada Tuhan selain Allah ). Ini adalah dzikir yang diperintahkan bagi pemula dan orang-orang yang telah mencapai ke puncak ma’rifatullah pun kembali membaca dzikir ini.
ومن سرَّه أن يذوقَ شيئاً من أسرارِ الطريقةِ، ويُكاشفُ بشيء من أنواعِ الحقيقةِ؛ فليعكف على الذكرِ للهِ تعالى بقلبٍ حاضرٍ، وأدبٍ وافرٍ، وإقبالٍ صادقٍ، وتوجيهٍ خارقٍ. فما اجتمعت هذه المعاني لأحدٍ إلا كُوشِفَ بالملكوت الأعلى ، و طالعت روحُهُ حقائقَ العالمِ الأصفى، وشاهدت عينُ سرِّهِ الجمالَ الأقدسَ الأسمى .
Siapapun yang ingin merasakan satu rahasia dari rahasia thariqat dan tersingkap tabir baginya dengan satu cahaya Nur hakikat, maka hendaklah ia melazimkan diri dengan berdzikir pada Allah Ta’ala. Dengan kehadiran hati, penuh adab dan tentu dengan tujuan yang benar serta tawajjah (menghadapkan diri) yang penuh kekhusu’an dan khudhu’. Apabila sifat- sifat ini telah terkumpul pada diri seorang ketika berdzikir, maka dengan mudah tersingkap baginya al Malakut al a’la(kerajaan Allah yang Maha Tinggi) dan ruhnya akan mencapai puncak. Haqaaiq al alam al Ashfa (hakekat-hakekat alam yang suci) dan mata hatinya akan melihat dengan jelas al Jama ‘al alAqdas al Asmaa (kecantikan suci yang Maha Tinggi).
ولتكن أيها المريدُ مُكثراً من التفكُّرِ، وهو على ثلاثةِ أقسامٍ:
تفكرُ في عجائبِ القدرةِ، وبدائعِ المملكةِ السماويةِ والأرضيةِ، وثمرتُه المعرفةُ باللهِ.
وتفكرٌ في الآلاءِ والنِّعمِ، ونتيجتُه المحبَّةُ للهِ.
وتفكرٌ في الدنيا والآخرةِ وأحوالِ الخلقِ فيهما، وفائدتُه الإعراضُ عن الدنيا والإقبالُ على الأخرى.
وقد شرحنا شيئاً من مجاري و ثمرته في رسالة المعاونة؛ فليطلبه من أراده .
Wahai murid, perbanyaklah merenung, dan merenung itu ada tiga bagian :
1.merenungi keajaiban-keajaiban kekuasaan Allah, keindahan-keindahan kerajaan langit dan bumi. buahnya perenungan ini adalah ma’rifatulloh.
2.merenungi nikmat-nikmat Allah, buahnya adalah mahabbah (perasaan cinta )kepada Allah.
3.merenungi dunia dan akherat serta keadaan makhluk didalam keduanya, faedahnya adalah berpaling dari dunia dan menghadap ke akherat.
Telah kami jelaskan sedikit masalah ini dalam risalah al mu’awanah, bagi yang menginginkannya silahkan dicari. Wallohu a’lam. [Oleh : Ust.Nur Hamzah].

LINK ASAL :
www.fb.com/note/1600738563282279/

Pos terkait