Pembagian Harta Ketika Orang Tua Masih Hidup

  • Whatsapp
Pembagian Harta Ketika Orang Tua Masih Hidup

PERTANYAAN : Pembagian Harta Ketika Orang Tua Masih Hidup

Adib Mahmud
Assalamu’alaikum.
bagaimana jika orang tua membagikan hartanya pada anak-anaknya sebelum beliau wafat? bukankah warisan itu, baru harus dibagikan secara aturan waris jika yang punya sudah meninggal?

JAWABAN : Pembagian Harta Ketika Orang Tua Masih Hidup

>> Mbah Jenggot 
boleh memberikan/hibah pada anak-anaknya.
لاخلاف بين جمهور العلماء في استحباب التسوية في العطاء بين الأولاد وكراهة التفضيل بينهم في مال القسمة كما قدمنا واختلفوا في بيان المراد من التسوية المستحبة فقال أبو يوسف من الحنفية والمالكية والشافعية وهو رأي الجمهور يستحب للأب ان يسوي بين الأولاد الذكور والإناث في العطية فتعطى الأنثى مثلما يعطى الذكر لقوله صلى الله عليه وسلم سووا بين أولادكم في العطية ولو كنت مؤثرا لاثرت النساء على الرجال اهـ.( الفقه الاسلامي ج 5 ص34
>> Adib Mahmud 
terimakasih jawabannya. ada yang mau saya tanyakan lagi. (boleh kan?) jika orang tua tersebut menyisakan sebagian kecil hartanya, tidak dibagikan pada anak-anaknya pada waktu beliau masih hidup dan beliau berwasiat jika beliau meninggal harta yang sedikit itu supaya diberikan pada salah satu anaknya (yang merawat masa tuanya, dan sudah dapat bagian hibah waktu beliau masih hidu). bagaimana hukum harta yang sedikit ini?
1. apa sebagai tirkah yang harus dibagikan secara faro’id? karena diwasiatkan pada ahli waris dan lebih dari 1/3 harta?
2. apa sebagai wasiat?
>> Mbah Jenggot 
hibah dengan wasiat beda mas,wasiat diberikan setelah yang bersangkutan wafat.
sedang harta sisa tentu tidak bisa diwasiatkan pada seseorang secara keseluruhan, ikuti aturan wasiat.
Sumber artikel ada di sini
Artikel terkait simak di sini
___________________
Semoga artikel ini memberikan manfaat dan barokah untuk kita semua, tentang makna harta yang saat di bagikan oleh orang tua. apakah disebut sebagai hadiah ataukah wasiat ataukan warisan. semuanya perlu adanya ilmu untuk dikaji. jika tidak mampu belajar, maka carilah guru.. mondok dan gelutilah ilmu ini, karena ilmu ini sangat bermanfaat bagi seluruh umat Islam secara keseluruhan.
Editor: Syaefudin

Pos terkait