Tafsir Surat Ali Imran Ayat 14

  • Whatsapp
Tafsir Surat Ali Imran Ayat 14

Pertanyaan: Bagaimana Tafsir Surat Ali Imran Ayat 14?

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Sem0ga semuanya selalu ada dalam fad0l Allah amiin. Moh0n bantuanya, tentang tafsiran ayat “zuyyina linnasi hubbus shyahawati . . .”
Terima kasih semoga Allah memberi panjang umur kepada semuanya. Amiin ya Allah.

Bacaan Lainnya

[Annas Annas]

Jawaban atas pertanyaan Tafsir Surat Ali Imran Ayat 14

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). Surah Ali ‘Imran (3:14)

Allah mendahulukan wanita atas yang lainnya karena kesenangan pada wanita lebih besar dari yang lainnya dan fitnah (cobaan) nya juga lebih besar dari yang lain, juga untuk bersenang senang lebih kuat kepada wanita dari pada harta dan yang lainnya.

Sebagaimana hadits:

ﻋﻦ ﺃﺳﺎﻣﺔ ﺑﻦ ﺯﻳﺪ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: ﻣﺎ ﺗﺮﻛﺖ ﺑﻌﺪﻱ ﻓﺘﻨﺔ ﺃﺿﺮ ﻋﻠﻰ اﻟﺮﺟﺎﻝ ﻣﻦ اﻟﻨﺴﺎء. رواه البخاري ٥٠٩٦.

“tidak lah aku tinggalkan fitnah yang lebih berbahaya kepada para laki laki melainkan wanita, setelah itu baru anak anak atau buah hati dan seterusnya”

صفوة التفاسير ج ١ ص ١٧٢.

ﺛﻢ ﺃﺧﺒﺮ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻦ اﻏﺘﺮاﺭ اﻟﻨﺎﺱ ﺑﺸﻬﻮاﺕ اﻟﺤﻴﺎﺓ اﻟﻔﺎﻧﻴﺔ ﻓﻘﺎﻝ {ﺯﻳﻦ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﺣﺐ اﻟﺸﻬﻮاﺕ ﻣﻦ اﻟﻨﺴﺎء} ﺃﻱ ﺣﺴﻦ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﺣﺒﺐ ﺇﻟﻰ ﻧﻔﻮﺳﻬﻢ اﻟﻤﻴﻞ ﻧﺤﻮ اﻟﺸﻬﻮاﺕ، ﻭﺑﺪﺃ ﺑﺎﻟﻨﺴﺎء ﻷﻥ اﻟﻔﺘﻨﺔ ﺑﻬﻦ ﺃﺷﺪ، ﻭاﻹﻟﺘﺬاﺫ ﺑﻬﻦ ﺃﻛﺜﺮ ﻭﻓﻲ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻣﺎ ﺗﺮﻛﺖ ﺑﻌﺪﻱ ﻓﺘﻨﺔ ﺃﺿﺮ ﻋﻠﻰ اﻟﺮﺟﺎﻝ ﻣﻦ اﻟﻨﺴﺎء

ﺛﻢ ﺫﻛﺮ ﻣﺎ ﻳﺘﻮﻟﺪ ﻣﻨﻬﻦ ﻓﻘﺎﻝ {ﻭاﻟﺒﻨﻴﻦ} ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺛﻨﻰ ﺑﺎﻟﺒﻨﻴﻦ ﻷﻧﻬﻢ ﺛﻤﺮاﺕ اﻟﻘﻠﻮﺏ ﻭﻗﺮﺓ اﻷﻋﻴﻦ .

Setelah ayat ini selesai Allah mengabarkan pada Rasulullah bahwa ada yang lebih baik dari pada semuanya itu yaitu surga dan semua kelezatan yg ada padanya.

قُلْ أَؤُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرٍ مِنْ ذَٰلِكُمْ ۚ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَأَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ

Katakanlah: Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu? Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. Surah Ali ‘Imran (3:15).

Kemudian Allah mengabarkan pada Rasulullah bahwa kelak bagi orang orang yang bertakwa bagi mereka surga yang tidak pernah terlintas di dalam hati seseorang betapa nikmatnya, di dalamnya ada bidadari yang mana mereka tidak pernah haid, tidak mengeluarkan kotoran, ada khomer, sungai sungai yang mengalir dan Allah tidak akan pernah murka pada mereka semenjak itu selamanya.

تفسير ابن كثير ج ٢ ص ١٥.

ﻭﻟﻬﺬا ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ:ﻗﻞ ﺃﺃﻧﺒﺌﻜﻢ ﺑﺨﻴﺮ ﻣﻦ ﺫﻟﻜﻢ

ﺃﻱ ﻗﻞ ﻳﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻟﻠﻨﺎﺱ: ﺃﺃﺧﺒﺮﻛﻢ ﺑﺨﻴﺮ ﻣﻤﺎ ﺯﻳﻦ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ اﻟﺤﻴﺎﺓ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻣﻦ ﺯﻫﺮﺗﻬﺎ ﻭﻧﻌﻴﻤﻬﺎ اﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺯاﺋﻞ ﻻ ﻣﺤﺎﻟﺔ، ﺛﻢ ﺃﺧﺒﺮ ﻋﻦ ﺫﻟﻚ ﻓﻘﺎﻝ:

ﻟﻠﺬﻳﻦ اﺗﻘﻮا ﻋﻨﺪ ﺭﺑﻬﻢ ﺟﻨﺎﺕ ﺗﺠﺮﻱ ﻣﻦ ﺗﺤﺘﻬﺎ اﻷﻧﻬﺎﺭ ﺃﻱ ﺗﻨﺨﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺟﻮاﻧﺒﻬﺎ ﻭﺃﺭﺟﺎﺋﻬﺎ اﻷﻧﻬﺎﺭ ﻣﻦ ﺃﻧﻮاﻉ اﻷﺷﺮﺑﺔ ﻣﻦ اﻟﻌﺴﻞ ﻭاﻟﻠﺒﻦ ﻭاﻟﺨﻤﺮ ﻭاﻟﻤﺎء ﻭﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ ﻻ ﻋﻴﻦ ﺭﺃﺕ ﻭﻻ ﺃﺫﻥ ﺳﻤﻌﺖ، ﻭﻻ ﺧﻄﺮ ﻋﻠﻰ ﻗﻠﺐ ﺑﺸﺮ ﺧﺎﻟﺪﻳﻦ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﻱ ﻣﺎﻛﺜﻴﻦ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﺑﺪ اﻵﺑﺎﺩ ﻻ ﻳﺒﻐﻮﻥ ﻋﻨﻬﺎ ﺣﻮﻻ، ﻭﺃﺯﻭاﺝ ﻣﻄﻬﺮﺓ ﺃﻱ ﻣﻦ اﻟﺪﻧﺲ ﻭاﻟﺨﺒﺚ ﻭاﻷﺫﻯ ﻭاﻟﺤﻴﺾ ﻭاﻟﻨﻔﺎﺱ ﻭﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ﻣﻤﺎ ﻳﻌﺘﺮﻱ ﻧﺴﺎء اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺭﺿﻮاﻥ ﻣﻦ اﻟﻠﻪ ﺃﻱ ﻳﺤﻞ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺭﺿﻮاﻧﻪ ﻓﻼ ﻳﺴﺨﻂ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺑﻌﺪﻩ ﺃﺑﺪا.

Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat.

[Muhib Salaf Soleh]

Sumber Baca Disini
Silahkan baca juga artikel terkait.

peluang-usaha-depot-air-minum-2

Pos terkait