1341. MENGULANG BACAAN YANG SALAH SECARA TALAQQI

PERTANYAAN :
Akino Wewe
ass.ada orang selesai musyafahah sampe 30 juz, ternyata setelah diketahui ada kalimat yg keliru pada waktu musyafahah.bagaimana sikpa yang harus ia lakukan, apakah harus setor ( musyafahah ) lagi ato cukup dibenarkan sendiri..mohon penjlasanya.
JAWABAN :
>> Masaji Antoro 
Yang wajib ditashihkan secara talaqqi (membaca di hadapan guru atau mendengarkan bacaan guru) adalah bacaannya yang salah, namun bila ia ingin mentashihkannya kembali dari awal itu jauh lebih baik karena nabi Muhammad SAW sendiri setiap tahunnya juga mentashihkan al-Qurannya pada malaikat Jibril As.
المبحث الرابع: كيف يتلقى القرآن مما تقدم تبين لنا أن أخذ القراءة سنة متبعة يجب على الآخذ أن يتلقاها من أفواه الشيوخ الضابطين ويؤديها كما أديت إليه سنة الله في حفظه لهذا الكتاب العظيم وصونا له عن التحريف واللحن {إنا نحن نزلنا الذكر وإنا له لحافظون} فهذا سيد الخلق رسول الله يدارس جبريل بالقرآن ويعارضه به في كل رمضان فلما كان العام الذي توفي فيه عارضه القرآن مرتين. ولا شك أن تلك المعارضة لم تكن قاصرة على الحفظ فقط بل كانت شاملة له وللكيفية التي تتلى بها حروف القرآن وتؤدى بها على أكمل وجه وأحسنه. قال الكرماني: وفائدة درس جبريل تعليم الرسول تجويد لفظه وتصحيح الحروف من مخارجها وليكون سنة في حق الأمة لتجويد التلامذة على الشيوخ في قراءاتهم..…في هذا الحديث أيضا أصل كبير في وجوب معرفة تجويد الألفاظ وكيفية النطق بالحروف على هيئتها وصيغتها وأن ذلك لازم لكل قراء القرآن أن يطلبوه ويتعلموه وواجب على جميع المتصدرين أن يأخذوه ويعلموه اقتداء برسول الله في ماأمربه واتباعا له على ما أكده بفعله ليكون سنة يتبعها القراء ويقتدي به االعلماء..…ونبه ابن الجزري إلى أن من أراد أن يحكم القراءة والتجويد ويتلو كتاب ربه كما نزل فعليه بترويض اللسان وتعويده النطق الصحيح المتلقى من فم المحسن المتقن. قال: ولاأعلم سببا لبلوغ نهاية الإتقان والتجويد ووصول غاية التصحيح والتسديد مثل رياضة الألسن والتكرار على اللفظ المتلقى من فم المحسن. وينظم ذلك المعنى في المقدمة فيقول: إلارياضة امرئ بفكه وليس بينه وبين تركه فمن أراد قراءة شيء من كتاب الله سواء كان ذلك المقروء للحفظ أولمجرد القراءة وجب عليه تصحيح ذلك القدر المقروء. ولايتأتى تصحيحه إلابعرضه وأخذه من أفواه الشيوخ الضابطين
PEMBAHASAN KE 4
Metode Talaqqi dalam penjelasan terdahulu merupakan penjelasan bahwa orang yang membaca al-Quran diwajibkan baginya mengikuti metode yang telah tertetapkan yaitu mempelajarinya secara talaqqi dari guru-guru al-Quran yang berkompeten sebagaimana metode yang telah ditetapkan oleh Allah dalam menjaga keorigynalan dari perubahan-perubahan serta pembacaan yang salah dalam al-Quran itu sendiri.
Allah berfirman “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. (QS. Al-Hijr: 9). Dalam rangka menjaga kemurnian al-Quran, konon baginda nabi Muhammad SAW semasa hidupnya bertadarrus dan menyimakkannya pada malaikat Jibril As. disetiap bulan Ramadhan, dan bahkan saat tahun sebelum beliau wafat terlebih dahulu al-Quran yang berada pada beliau dicocokkan kembali pada Jibril sebanyak dua kali.
Pencocokan ini dimaksudkan tidak hanya sebatas menyamakan hafalan al-Quran yang ada pada beliau tapi juga mencakup tatacara baca, mempraktekkan huruf-huruf al-Quran dengan , cara yang paling sempurna dan baik.
Oleh karenanya al-Karmany berkata “Hikmah tadarrus al-Quran yang dilakukan oleh Rosulullah SAW pada Malaikat Jibril As, adalah dalam rangka belajar memperbaiki dan mentashih huruf-huruf al-Quran disamping agar menjadi tuntunan bagi setiap pelajar untuk membaguskan bacaan alQurannya pada guru-gurunya.
Dalam hadits diatas sekaligus diterangkan adanya dasar kewajiban memperbaiki lafadz-lafadz Quran, cara mengucapkannya sesuai makhraj, sifat dan bentuknya.Yang demikian diwajibkan bagi setiap pembaca al-Quran dalam rangka mengikuti perintah Nabi sesuai yang beliau jalani sendiri bersama malaikat Jibril dan agar menjadi metode yang dapat diterapkan oleh para ahli Qurra’ yang kemudian diteruskan oleh para alim ulama.
Ibn alJazari memberi peringatan “Barangsiapa yang berkeinginan mengenakan bacaan alQuran serta tajwidnya dan berkeinginan membaca kitab Tuhannya sesuai yang diturunkan maka wajib baginya melatih lisannya serta membiasakan mengucapkannya dengan benar yang diperoleh secara talaqqi dari musyafahah bersama guru al-Qurannya yang baik dan dipercaya bacaannya”
Beliau melanjutkan “Dan aku tidak tahu metode lain yang dapat menjadikan seseorang hingga mampu sampai pada puncak keyakinan, perbaikan al-Quran dengan kebenaran secara tuntas selain dengan metode baginya melatih lisannya serta membiasakan mengucapkannya dengan benar yang diperoleh secara talaqqi dari musyafahah bersama guru al-Qurannya”
Karenanya dalam muqaddimah dimuka dituturkan :
“BARANG SIAPA BERKEINGINAN MEMBACA SESUATU DARI KITAB ALLAH, BAIK DENGAN TUJUAN UNTU DIHAFALAKN ATAU SEKEDAR DIBACA MAKA DIWAJIBKAN BAGINYA MENTASHIHKAN KADAR UKURAN YANG HENDAK IA BACA, DAN TIDAK AKAN SAMPAI DAPAT MEMBACANYA DENGAN BENAR KECUALI DENGAN MENGHADAPKAN SERTA MENGAMBILNYA DARI GURU-GURU YANG BERKOMPETEN DIBIDANGNYA”.
Al-Wajiiz Fii Tajwiid al-Kitab al’Aziiz I/4
Wallaahu A’lamu Bis Showaab.
Link Diskusi >>

Pos terkait