1608. IHTILAM DAN SHOLAT YANG WAJIB DI QODLO’

PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum. Maaf oranq jahil mau nanya lagi. Masalah qodho shalat : Ketika ada seseorang (fulan aja) mengetahui pakaiannya ada bekas mani(mungkin ihtilam) apa shalatnya wajib di-qodho semua ?? NB : Ihtilamnya gag tahu / lupa pasnya hari apa. Ada kemungkinan 3/7 hari yang lalu.. bagaimana ibadahnya selama itu..?? Syukron jazilan. [Robby Zidni Ilmannafia].
JAWABAN :
WAJIB meng-qadla’ shalat-shalat yang DIYAKINI dilakukan setelah keluarnya mani, namun SUNNAH untuk meng-qadla’ shalat yang MUNGKIN dilakukan setelah keluarnya mani. Kalau mengikuti soal ya wajib mengqadla’ yang 3 hari dan sunnah mengqadla’ 4 hari lainnya. Dari Umdatussalik wa uddatunnasik Kitab Thaharah bab Mandi :
ولو رأى منيا فى ثوب او فراش ينام فيه مع من يمكن كونه منه ندب لهما الغسل ولا يجب، ولا يقتدي احدهما بالآخر، فإن لم ينم فيه غيره لزمه الغسل، ويجب اعادة كل صلاة لا يحتمل حدوث المني بعدها، لكن يندب اعادة ما امكن كونها بعده
Jika seseorang melihat mani di baju atau di tempat tidur yang ia tidur di sana bersama orang yang mungkin saja mani tersebut dari orang itu, maka sunnah bagi keduanya mandi dan tidak wajib, dan tidak perlu salah satu berpedoman pada tindakan yang lainnya. Apabila tidak ada yang tidur di situ selain dirinya maka wajib baginya mandi, dan wajib juga mengulangi seluruh shalat yang tidak ada kemungkinan bahwa timbulnya mani adalah setelah shalat tersebut. Namun sunnah mengulang seluruh shalat yang mungkin dilakukan setelah keluarnya mani. Wallohu a’lam. [Dewan Masjid Assalaam ].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/432467603442720/

Pos terkait