Wajah Berminyak Dan Keabsahan Wudhu

Wajah Berminyak Dan Keabsahan Wudhu

Pertanyaan: Apakah Wajah Berminyak Harus Dibersihkan Sebelum Berwudhu?

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Mau tanya, Kalau kulit wajah berminyak (minyak alami dari kulit, bukan minyak Goreng), apakah harus dibersihkan dahulu ketika kita akan berwudhu agar air tak terhalang ke kulit? Terimakasih.

Bacaan Lainnya

[Restu OrangTua].

Jawaban atas pertanyaan Wajah Berminyak Dan Keabsahan Wudhu

Wa’alaikum salam Wr. Wb

Minyak yang cair / encer walaupun menghalangi masuknya air itu tidak apa-apa, yang tidak boleh adalah minyak yang padat (semacam mentega). Minyak wajah tersebut bila cair maka tidak wajib dihilangkan.

Kitab Fathul Mu’in:

فتح المعين بشرح قرة

ورابعها: أن لا يكون على العضو حائل بين الماء والمغسول كنورة وشمع ودهن جامد وعين حبر وحناء بخلاف دهن جار أي مائع وإن لم يثبت الماء عليه وأثر حبر وحناء.

  Syarat yang ke empat adalah tidak adanya penghalang di anggota wudhu’ antara air dan yang dibasuh penghalang misalnya kapur, lilin, minyak padat, ‘ainnya tinta (mangsi), dan ‘ainnya pacar, berbeda dengan minyak yang encer walaupun air tidak tetap padanya dan bebeda pula dengan bekasnya mangsi dan bekasnya pacar.

Kitab Almajmu’:

المجموع ١/٣٨٧

.إذا كان على بعض أعضائه شمع أو عجين أو حناء وأشباه ذلك فمنع وصول الماء إلى شيئ من العضو لم تصح طهارته سواء أ كثر ذلك أم قل ولو بقي على اليد و غيرها أثر الحناء و لونه دون عينه أو أثر دهن مائع بحيث يمس الماء بشرة العضو و يجري عليها لكن لا يثبت صحت طهارته.

Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat.

[Mas Hamzah, Ghufron Bkl].

Sumber Baca Disini
Silahkan baca juga artikel terkait.

Pos terkait