Cara Pembagian Harta Warisan Sesuai Syariat Islam

  • Whatsapp
Cara Pembagian Harta Warisan Sesuai Syariat Islam

PERTANYAAN : Cara Pembagian Harta Warisan Sesuai Syariat Islam

Aman Matahari Sanjaya
sekarang sering melanda anak menuntut orang tua mau harta warisan sangat banyak. apalagi perempuan yang notabenya cuma separuh dari bagian laki-laki. yang mau di tanyakan. bagaimana orang tua menyikapinya?

JAWABAN : Cara Pembagian Harta Warisan Sesuai Syariat Islam

>> Mbah Jenggot II 

Jika sudah menjadi waris maka harus di bagi sesuai hukum waris namun jika di hibahkan sebelum orang tua meninggal ,maka boleh di bagi rata.
لاخلاف بين جمهور العلماء في استحباب التسوية في العطاء بين الأولاد وكراهة التفضيل بينهم في مال القسمة كما قدمنا واختلفوا في بيان المراد من التسوية المستحبة فقال أبو يوسف من الحنفية والمالكية والشافعية وهو رأي الجمهور يستحب للأب ان يسوي بين الأولاد الذكور والإناث في العطية فتعطى الأنثى مثلما يعطى الذكر لقوله صلى الله عليه وسلم سووا بين أولادكم في العطية ولو كنت مؤثرا لاثرت النساء على الرجال اهـ.( الفقه الاسلامي ج 5 ص34)
“Ulama sepakat tentang disunnahkannya memberikan (hibah) barang-barang terhadap anak-anaknya secara merata dan kemakruhannya saat ada yang lebih diunggulkan diantara mereka. Namun ulama masih silang pendapat tentang mendefinisikan taswiyah (pemerataan). Menurut jumhur ulama definisi taswiyah adalah menyamaratakan antara laki-laki dan perempuan dengan bagian yang sama.”
Wallaahu A’lamu Bis showaab.
Sumber artikel silahkan baca di sini
Simak juga artikel terkait di sini
___________________
jika anda adalah orang tua maka perhatikanlah saat anda membaca artikel diatas, karena ini bisa saja terjadi kepada kehidupan anda. jika anda adalah seorang anak maka perlu adanya sikap tersendiri, dimana kita adalah seorang anak yang bersikap biasa saja untuk perihal harta. lebih utamakan untuk membuat orang tua bahagia di masa tuanya atau di akhiratnya.
Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan barokah untuk kita semua, guna meningkatkan ketakwaan kita kepada sang pencipta. amin Allahuma amiin..
Semoga kita adalah orang-orang yang akan diberikan ridho masuk surga-Nya kelak.. amin ya robbal alamin..
Editor: Syaefudin

Pos terkait