Makna Tabayyun Tawafuq Tamatsul dan Tadakhul

  • Whatsapp
Makna Tabayyun,Tawafuq,Tamatsul dan Tadakhul
PERTANYAAN : Makna Tabayyun Tawafuq Tamatsul dan Tadakhul
Assalamu ‘alaikum. saya mau bertanya kepada pengelola rubrik ini, yaitu apa yang dimaksud  TABAYUN & TAWAFUQ dalam ilmu warits / faro’idh.? mohon penjelasannya kiai, terima kasih..
[ Mantan Iblis ]
JAWABAN : Makna Tabayyun Tawafuq Tamatsul dan Tadakhul
Wa’alaikum salam.  Tabayun, Tawafuq,Tamatsul danTadakhul adalah semua cara membuat asal masalah dalam faro’id.
1.Tabayun/mubayanah : dua bilangan yang berbeda tidak bisa saling dibagi,  sehingga asal masalahnya adalah perkalian bilangan tersebut. Contohnya bagian  1/3 dan 1/4. Asal masalahnya 12
2.Tawafuq/muwafaqoh : dua bilangan atau lebih yang sama sama bisa dibagi dengan satu angka (angka lain/wifiq). Contohnya bagian 1/4 dan 1/6 yangg sama sama bisa dibagi dua.
3.Tamatsul/Mumatsalah : bila ada dua angka atau lebih yang sama, maka untuk membuat asal masalah dengan mengambil salah satunya saja. Contohnya 1/4 Dan 1/4.
4.Tadakhul/Mudzakholah : bila ada dua angka atau lebih yang berbeda, dan angka yang besar bisa habis dibagi angka yang kecil. Maka untuk membuat asal masalah dengan mengambil angka yang besar tersebut. Contohnya 1/2 Dan 1/4.
Wallahu a’lam. [Mujaawib : Ustadz Kang Hadi , Ustadz Santri Kluyuran Bengi]
__________________
Istilah atau makna yang sering terdengar saat mengkaji ilmu faro’id bersama guru memang terkadang terlupakan, apalagi bagi kaum santri yang duduknya paling belakang dan yang sering memmbuat bising, oleh karena itu dalam mempelajari semua itu di perlukan referensi tambahan. terimakasih sudah bertanya.. semoga manfaat dan barokah untuk kita semua, amiin..
silahkan di hafalkan istilah atau bahasa yang sering di gunakan dalam penjelasan di kajian ilmu warits faro’id anda sekalian, agar tidak ketinggalan dan kebingungan antara penjelasan sang guru dengan pemahaman murid lainnya. selamat belajar..
Sumber tulisan ada di sini
Artikel terkait silahkan baca di sini
Editor: Syaefudin
peluang-usaha-depot-air-minum-2

Pos terkait