1559. PILIH SHOLAT DI AWAL WAKTU ATAU SHOLAT BERJAMAAH YANG LEBIH UTAMA ?

PERTANYAAN :

Assalaamu’aikum wr.wb. manakah yang lebih utama ?

1.shalat awal waktu, atau
2.shalat berjama’ah ? jika tidak bisa dilakukan kedua-duanya. [DidahSyahidah MojanxsParahyangan AsliSundavisan].
JAWABAN :
Wa’alaikum salam,

– Sunnah hukumnya menyegerakan sholat pada awal waktunya.. afdolul a’mali assholat liawwali waqtiha… amal yang paling jos itu sholat pada awal waktunya.
– Juga sunnah mengakhirkan sholat ketika :

Bacaan Lainnya
1.Yaqin bisa sholat jamaah, walau terlalu parah lewati batas ukuran waktunya, asal tidak menyempitkan waktu (gak bisa sholat dengan sempurna pada waktu pelaksanaan ADA, maka haram)
2.Punya dzon (perkiraan kuat) bisa sholat jamaah tuh boleh ngahirin waktu sholat pada awal waktu nya (sunah) jika pengakhiran nya tidak berlebihan secara adat, tapi jika masih ragu, bisa jamaah jika ngakhirin waktu awal gak? maka tidak boleh, jamaah sedikit pada awal waktu itu lebih utama, dari pada jamaah pada akhir waktu.
Lihat kitab Fathul Mu’in  :
الكتاب: فتح المعين ص119( فرع ) يندب تعجيل صلاة ولو عشاء لأول وقتها لخبر أفضل الأعمال الصلاة لأول وقتها وتأخيرها عن أوله لتيقن جماعة أثناءه وإن فحش التأخير ما لم يضق الوقت ولظنها إذا لم يفحش عرفا لا لشك فيها مطلقا
“Disunnahkan menyegerakan shalat meskipun itu pada shalat Isya, mengingat sebuah hadits: ‘Lebih utamanya amal shalat adalah pada awal waktu’. Disunnahkan pula mengakhirkan shalat dari awal waktu karena telah yakin akan mendapatkan shalat jama’ah di pertengahan waktu sekira tidak membuat masa shalat nantinya terlalu sempit. Sunah mengakhirkan ini juga karena telah ada dugaan kuat akan tidak berlebihannya masa mengakhirkan tersebut. Tidak disunahkan mengakhirkan shalat ketika masih ragu adanya jama’ah di keadaan masa apapun”. Wallaahu A’lamu Bis Showaab. [Zayyan Buronan Kyai, Khodim Piss-ktb II].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/422001921155955/

Pos terkait