2283. SUJUD SAHWI BAGI MA’MUM MASBUQ DALAM SHALAT

PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum, mau tanya begini pak, Suatu ketika saya shalat berjama’ah, tapi masbuq pak, di akhir shalat, imam melakukan sujud syahwi karena memang ada satu rukun yang tidak terlaksana. Pertanyaannya, kalau saya sudah ikut sujud syahwinya imam, apakah di akhir shalat saya (karena saya masbuq) harus melakukan sujud syawhi lagi ? makasih.. wassalamu’alaikum. [Siska Damayanti].
JAWABAN :
Wa’alaikum salam, jika imam melakukan sujud sahwi karena memang ada satu rukun yang tidak terlaksana, maka disunahkan bagi makmum masbuq untuk sujud sahwi kembali di akhir shalatnya tersebut.
– I’anah 1/178 – 179 dan Bajuri 1/184 – 185 :
.ويندب للمسبوق إعادة السجود أخر صلاته كمن إقتدى به وإن لم يسجد الأول.بغية المسترشدين ص : ٥٨
وعند سجوده يلزم المسبوق والموافق متابعته وإن لم يعرف أنه سها وإلا بطلت صلاته إن علم وتعمد ويعيده المسبوق ندبا آخر صلاة نفسه. إعانة الطالبين ١/٢٠٥
ويلحقه سهو إمامه فإن سجد تابعه ثم يعيده مسبوق آخر صلاته لأنه محل سجود السهو.فتح الوهاب ١/٥٤
Bila yang ditinggalkan rukun maka ketika ingat harus langsung melaksanakan rukun yang ditinggalkan tersebut dan meneruskan sesuai dengan urutan rukun yang ditinggalkan tersebut (tartib), bila ingatnya dikala melakukan rukun yang sama dengan yang ditinggalkan atau ingat setelah salam dengan waktu yang sebentar maka roka’at tersebut tidak dihitung / harus menambah 1 roka’at lagi. Wallohu a’lam. [Gufron Bkl, Mbah Njawi].
– I’anatuth Tholibin :
ولو اقتدى به بعد فعل الإمام للسجود ويحتمل خلافه وهو الأقرب لأنه لم يبق في صلاة الإمام خلل حين اقتدى به لكن في فتاوى الشارح أنه سئل عما لو سجد للسهو فاقتدى به شخص قبل شروعه في السلام من الصلاة هل يسجد آخر صلاة نفسه للخلل المتطرق له من صلاة الإمام أم لا فأجاب أنه يندب له السجود آخر صلاته لتطرق الخلل من صلاة إمامه  إعانة الطالبين (1/ 205
LINK DISKUSI :
www.fb.com/groups/piss.ktb/568124743210338

Pos terkait