2450. MAKSUD MEMATIKAN NAFSU

PERTANYAAN :
Nora Santi
Saya terbaca sebuah kalimat : matikan nafsumu sebelum nafsu mematikan hatimu. Lalu bagaimana cara mematikan nafsu sedangkan  kita masih hidup ?Selama hayat dikandung badan bukankah nafsu itu selalu ada ?

JAWABAN :
> Restu Anbiya
Bicara maslah nafsu, nafsu tercipta dri NURMUHAMAD yg berwarna kuning dalam bentuk LINAFSI (NAFAS) dalam wujud manusia terbentuk NAFSU, setiap manusia yang hidup pasti mempunyai Nafsi (nafas) wujud hakikat nya adalah nafsu, nafsu dalam dri manusia ada 7 macam nafsu (lihat dokumen 2027) :
1. nafsu AMAROH
2. nafsu LAWWAMAH
3. nafsu MULHAMAH
4. nafsu MUTMAINNAH
5. nafsu MARDHIYAH
6. nafsu RHODIYAH
7. nafsu KAMILLAH

Bacaan Lainnya

dari ke 7 nafsu ini tidak bisa dimatikan selama manusia mash hidup, tapi lebih tepat dikendalikan agar tidak menimbulkan hal yang negatif.

> Ya Al Faqhir
Salam… Ra, pada diri manusia telah memiliki 2 sifat nafsu.
Pertama nafsu yang baik meliputi khauf, syukur, ridho, ikhlas, mahabbah, taubat, dst.
Kedua, nafsu yang buruk meliputi, marah, dengki, hasud, ghibah, fusul, malal dst.
Di saat seseorang lebih condong kepada nafsu yang buruk maka akan mengakibatkan matinya hati.
Jadi sederhananya Makna dari “MATIKAN NAFSUMU adalah… HUWAL KHURUUJU MINGKULLI KHULUQIN DANIIYIN WADKHUULU FII KULLI KHULUQIN TSANIIYIN.
Artinya : Yaitu keluar dari pada segala sifat yang rendah yakni hina dan masuk kepada segala sifat yang terpuji. SEBELUM NAFSUMU (NAFSU YANG RENDAH) MEMATIKAN HATIMU.”
itu saja yang bisa ana sampaikan di tempat ini.

> Ibnu Al-Ihsany
Maksudnya mematikan nafsu itu Jangan diturutin tapi di arahin…., mematikan di sini hanya bahasa majaz atau kiasan… Makanya Syeh abi abdillah muhammad al bushiri dalam burdahnyaber syair :

فلا ترم بالمعاصي كسر شهوتها * إن الطعام يقوي شهوة النهم

Jangan kau berharap dapat mematahkan nafsu dengan maksiat * karena makanan justru memperkuat orang rakus makanan lezat

وانفس كالطفل إن تهمله شب على * حب الرضاع وإن تفطمه ينفطم

Nafsu itu bagai bayi, bila kau biarkan, maka akan menyusu tiada henti. Tapi bila bayi itu kamu sapih, maka akan berhenti sendiri.

فاصرف هواها وحاذر أن توليه * إن الهوى ما تولى يصم أو يصم

Maka palingkanlah nafsumu dari kesenangan, waspadalah jangan sampai ia memiliki kekuasaan. Sesungguhnya jika nafsu berkuasa, maka akan membunuhmu dan membuatmu tercela.

Monggo dibaca surat As Samsy 7-10

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا
فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا
قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا
وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا

> Miseri Roeslan Afany
Betul nafsu tidak bisa dimatikan atau dihilangkan karena nafsu itu kodrat manusia yang hidup, yang bisa dilakukan adalah memanage/mengendalikan nafsu tersebut kearah yang baik. Sedang yang dimaksud mematikan nafsu itu nafsu yang buruk atau berlebihan. Nafsu yg buruk atau berlebihan akan membawa kematian atau kecelakaan bagi pemiliknya. Rakus dalam hal makan adalah nafsu makan yang berlebihan, bahkan akan memakan apa yang bukan menjadi miliknya, Nafsu syahwat diarahkan pada pasangan hidupnya, bukan tak terkendali untuk mengumbar nafsu birahi yang akan menghancurkan dirinya dalam lembah kemaksiatan.

LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/605234572832688/
DOKUMEN FB :
https://m.facebook.com/groups/196355227053960?view=doc&id=612573985432080&refid=18

Pos terkait