Bacaan Doa Iftitah: Mil’a atau Mil’us Samawati

  • Whatsapp
Bacaan Doa Iftitah: Mil'a atau Mil'us Samawati

Bacaan Doa Iftitah: Mil’a atau Mil’us Samawati

Bacaan doa iftitaf tentu bagi yang sudah terbiasa membacanya tidak akan asing lahi, namun bagi yang baru mempelajari mungkin sering kebingungan atau lupa. Nah kali ini kita akan ulas secara khusus terkait kalimat “mil’a utau “mil’us samawati” mana yang benar, berikut penjelasannya.

Bacaan Lainnya

Assalamu’alaikum Wr Wb‎

Mau tanya masalah nahwu pada lafadz:

ربنا ولك الحمد ملء السماوات وملء الارض وملء ما شئت من شيئ بعد

Yang saya mau tanyakan kalimat ( ملء ) ini ada yang membaca dhommah dan juga ada yang membaca fathah, mengapa bisa ? mohon jawabannya. [‎نورفوق نور].

JAWABAN atas pertanyaan Bacaan Doa Iftitah, Mil’a atau Mil’us Samawati?

 وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Lafadz ملء  bisa dibaca rofa’ dengan menjadi sifat / na’at dari lafadz الحمد yang rofa’  sebagai mubtada’. Dan bisa dibaca nasab dengan menjadi hal. Hamzahnya dibaca nashob (fathah), atau rofa’ (dhommah). Ulama beda pendapat mana yang lebih unggul, tapi yang lebih masyhur adalah dibaca nashob. Wallohu a’lam. [Abdul Qodir Shodiqi, Muh Jayus M].

Referensi :

تحفة المحتاج
(مِلْءَ) بِالرَّفْعِ صِفَةٌ وَالنَّصْبِ حَالًا أَيْ مَالِئًا بِتَقْدِيرِ تَجَسُّمِهِ (السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْت مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ)
نهاية المحتاج
(مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْت مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ) أَيْ بَعْدَهُمَا كَالْعَرْشِ وَالْكُرْسِيِّ وَغَيْرِهِمَا مِمَّا لَا يَعْلَمُهُ غَيْرُهُ، وَيَجُوزُ فِي مِلْءِ رَفْعُهُ عَلَى الصِّفَةِ وَنَصْبُهُ عَلَى الْحَالِ: أَيْ مَالِئًا لَوْ كَانَ جِسْمًا

شرح النووي على مسلم ٦ ص ٥٩

قَوْلُهُ مِلْءَ السَّمَاوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ هُوَ بِكَسْرِ الْمِيمِ وَبِنَصْبِ الْهَمْزَةِ بَعْدَ اللَّامِ وَرَفْعِهَا وَاخْتُلِفَ فِي الرَّاجِحِ مِنْهُمَا وَالْأَشْهَرُ النَّصْبُ

Demikian pembahasan singkat yang dapat kami persembahkan. Semoga sedikit apa yang kami uraikan dapat memberi jawaban dan solusi terhadap pertanyaan saudara sekalian. Baik mengenai persoalan yang kita bahas kali ini maupun persoalan lainnya yang temen teman sekalian pertanyakan.  semoga bermanfaat.

Sumber tulisan ada disini.

Silahkan baca artikel terkait yang pastinya tidak kalah menarik dengan pembahasan kita kali ini. baca di sini.

peluang-usaha-depot-air-minum-2

Pos terkait