Berbuka Sebelum Waktunya Karena Mengira Telah Tiba Waktunya

  • Whatsapp
Berbuka Sebelum Waktunya Karena Mengira Telah Tiba WaktunyaBerbuka Sebelum Waktunya Karena Mengira Telah Tiba Waktunya
Berbuka Sebelum Waktunya Karena Mengira Telah Tiba Waktunya

PERTANYAAN : Berbuka Sebelum Waktunya Karena Mengira Telah Tiba Waktunya

Assalamualaikum wr.wb. Afwan di desa saya ada mushola dan masjid dan dari dulu kalau adzan magrib pasti mushola mendahului selisih 2 menit sama waktu Adzan di masjid. Dan pastinya kalau bulan puasa gini masyarakat berbuka puasanya dengar adzan pertama dari mushola.

Bacaan Lainnya

Padahal jadwal puasanya sama. Yang saya tanyakan bagaimana hukumnya yang berbuka tidak pada waktunya?? Syukron. Wassalamualaikum. [Mutiara Hatie Putra Ariska].

JAWABAN : Berbuka Sebelum Waktunya Karena Mengira Telah Tiba Waktunya

Berbuka sebelum waktunya bisa mengakibatkan puasanya tidak sah, lihat I’anatu tholibin jilid 2 hal 230 :

ولو أكل باجتهاد أولا وآخرا فبان أنه أكل نهارا بطل صومه إذ لا عبرة بالظن البين خطؤه فإن لم يبن شئ: صح

Buka juga kasyifatus saja hal 12 :

و الرابع على من افطر ظانا الغروب فبان خلافه ايضا ) كما يقع الان كثيرا بسبب جهل الميقاتية قاله الشرقاوى

Yang ke-4 adalah orang yang berbuka yang menyangka matahari telah terbenam dan ternyata salah, seperti yang banyak terjadi sekarang ini lantaran tidak mengetahui batas-batasnya.

Sumber artikel ada di sini

Bonus artikel tambahan

PERTANYAAN : Haruskah Kita Mandi Sebelum Masuk Awal Bulan Ramadan?

Kalau mau memasuki bulan puasa apa harus mandi besar dulu ?! [Ali Talaga].

JAWABAN : Haruskah Kita Mandi Sebelum Masuk Awal Bulan Ramadan?

Tidak ada keharusan mandi besar sebelum masuk bulan puasa. Mandi besar (mandi wajib karena hadats besar ) wajib dilakukan setiap saat ketika seseorang hadats besar (misal junub, haid atau nifas) dan akan melakukan ibadah yang disyaratkan suci dari hadats, misal shalat dan thawaf. Sehingga saat memasuki bulan romadlon seseorang tidak harus mandi besar dahulu, jika ia tidak berhadats besar.

Dan kami belum menemukan referensi yang menjelaskan disunnahkannya mandi menjelang masuknya awal puasa ramadhan, yang ada di kitab-kitab fiqih, justru di dalam bulan romadlon itu sendiri yang disunahkan mandi setiap malam, waktunya mulai terbenamnya matahari / maghrib sampai terbitnya fajar shodiq / subuh. [].:

.و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة____ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك. الباجوري ١/٨١ و من الأغسال المسنونة غسل العيدين____ولكل ليلة من رمضان معطوف على للاعتكاف أى و من الأغسال المسنونة الغسل لكل ليلة من رمضان قال في النهاية و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والأوجه الأخذ بإطلاقهم قال ع ش و يدخل وقت الغسل بالغروب و يخرج بطلوع الفجر. إعانة الطالبين ٢/٧٢

 

Sumber artikel ada di sini

peluang-usaha-depot-air-minum-2

Pos terkait