Hukum Mengambil Tanah Orang Lain

  • Whatsapp
Hukum Mengambil Tanah Orang Lain

Pertanyaan: Hukum Mengambil Tanah Orang Lain

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Poro alim sedoyo, ikut bertanya, biasanya orang desa kalau mau tanam padi itu memperbaiki pematang sawah (galengan). Biasanya mereka sengaja atau tidak sengaja makan daleng (serakah kepada sawah tetangga) itu hukumnya bagaimana? [Mas Arya].

Bacaan Lainnya

 

Jawaban atas pertanyaan Hukum Mengambil Tanah Orang Lain

Wa’alaikum salaam Wr. Wb.

Hukum mengambil sedikit saja dari tanah orang lain secara dholim hukumnya haram dan hukumannya sangat berat. Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ أَخَذَ شِبْرًا مِنَ الأَرْضِ ظُلْمًا، فَإِنَّهُ يُطَوَّقُهُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ سَبْعِ أَرَضِينَ

“Siapa yang mengambil sejengkal/sedikit saja dari tanah secara aniaya maka dia akan dikalungkan dengan tanah sebanyak tujuh bumi pada hari qiyamat “. [HR. Muslim].

– Kitab Syarah Nawawi Ala Muslim

وفي هذه الأحاديث تحريم الظلم وتحريم الغصب وتغليظ عقوبته ، وفيه إمكان غصب الأرض ، وهو مذهبنا ومذهب الجمهور ، وقال أبو حنيفة – رضي الله عنه – : لا يتصور غصب الأرض .

– Kitab Syarah Miskatul Masobih

( قال : قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم – ( من أخذ شبرا ) : أي : قدره والمراد شيئا ( من الأرض ظلما ) : مفعول له أو حال أو مفعول مطلق أي : أخذ ظلم ( فإنه ) : أي : الشبر من الأرض ( يطوقه ) : على بناء المجهول أي : يجعل طوقا في عنقه ( يوم القيامة من سبع أرضين )

– Nailul Author

التحليل الموضوعي

باب إثبات غصب العقار 2427 – ( عن عائشة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : { من ظلم شبرا من الأرض طوقه الله من سبع أرضين } متفق عليه )

2428 – ( وعن سعيد بن زيد قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : { من أخذ شبرا من الأرض ظلما فإنه يطوقه يوم القيامة من سبع أرضين } متفق عليه وفي لفظ لأحمد ” من سرق ” ) .

2429 – ( وعن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : { من اقتطع شبرا من الأرض بغير حقه طوقه الله يوم القيامة من سبع أرضين } رواه أحمد )

2430 – ( وعن ابن عمر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : { من أخذ من الأرض شيئا بغير حق خسف به يوم القيامة إلى سبع أرضين } رواه أحمد والبخاري )

Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat. (Mas Hamzah, Ghufron Bkl, Abdullah Afif)

Sumber Baca Disini
Silahkan baca juga artikel terkait.

Pos terkait