0178. Hukum Jual Belinya Anak Kecil

  • Whatsapp
PERTANYAAN :
Salam. Mau tanya, sahkah jual belinya anak kecil ? [Toni Imam Tontowi].
JAWABAN :
Wa’alaikumussalam. Bila menilik aturan syara’ pelaku transaksi sebuah akad harus memenuhi kriteria sebagai berikut : Baligh, berakal, tidak terpaksa, rosyid (cakap). Yang di dalam format fiqh disebut mutlaquttasharuf. Dengan demikian transaksi yang dilakukan oleh anak-anak kecil dan orang orang yang tidak memenuhi kriteria diatas hukumnya tidak sah. Namun demikian ada sebagian ulama’ yang memberi kelonggaran dengan disamakan dengan jual–beli mu’aathoh (jual beli tanpa ijab Kabul). Dengan syarat barang–barang tersebut kategori remeh atau bukan barang-barang mahal. Maka menurut pendapat tersebut hukum jual belinya anak kecil sah untuk barang–barang yang harganya murah. Wallohu a’lam. [Didin Banjarmasin, Masaji Antoro, Ghufron Bkl].
– Bughyah hlm 124 :
‎[فائدة]: قال في القلائد: نقل أبو فضل في شرح القواعد عن الجوزي الإجماع على جواز إرسال الصبي لقضاء الحوائج الحقيرة وشرائها، وعليه عمل الناس بغير نكير، ونقل في المجموع صحة بيعه وشرائه الشيء اليسير عن أحمد وإسحاق بغير إذن وليه وبإذنه حتى في ال…كثير عنهما، وعن الثوري وأبي حنيفة، وعنه رواية ولو بغير إذنه، ويوقف على إجازته، وذاكرت بذلك بعض المفتين فقال: إنما هو في أحكام الدنيا، أما الآخرة إذا اتصل بقدر حقه بلا غبن فلا مطالبة اهـ.
– Kifayatul Akhyar I/240 :
قلت ومما عمت به البلوى بعثان الصغائر لشراء الحوائج واطردت فيه العادة فى سائر البلاد وقد تدعو الضرورة الى ذلك فينبغى الحاق ذلك بالمعاطة اذا كان الحكم دائر مع العرف مع ان المعتبر فى ذلك التراضى ليخرج بالصيغة عن اكل مال الغير بالباطل فانها دلة على الرضا فاذا وجد المعنى الذى اشترطت الصيغة لاجله فينبغي ان يكون هو المعتمد بشرط ان يكون الماخوذ بعدل الثمن اهـ.

– Lihat juga Bughyah hlm 124 dan al fiqhu al islmi jz 5 hlm 419.

Pos terkait