0922. HIKMAH SIKSA DAN ADZAB KUBUR

PERTANYAAN :
Maaf kalau pertanyaan ini Sembrono. Untuk apa orang yang meninggal diperiksa di dalam kubur padahal di padang mahsyar semuanya diketahui oleh Alloh SWT ? Wallohu wa’lam. [Aidi Abdil Lah].
JAWABAN :
Di kitab Diraasaat ‘Aqdiyyah fii al-Hayaat al-Barzakhiyyah, ada tanya-jawab sebagai berikut :
TANYA : Apakah hikmah dibalik keberadaan siksa dan adzab kubur?
JAWAB : Di dalamnya terdapat hikmah-hikmah yang teramat banyak di antaranya :
1.Menampakkan anugerah Allah Ta’ala atas hambaNya yang mukmin dan shaleh dengan diberikannya kenikmatan-kenikmatan dialam barzah sekaligus bentuk penghinaan dan penyiksaan pada orang-orang yang membohongi kebenaran agamaNya dan menjalani maksiat semasa hidup didunia, Na’uudzu billaah…!!
2.Menampakkan kekuasaan Allah Ta’la dalam menyiksa orang-orang yang maksiat dan kaum kafir serta memberikan kenikmatan-kenikmatan orang-orang mukmin yang yang jujur di alam kubur dengan tanpa dapat dirasakan oleh manusia-manusia yang masih hidup
3.Sesungguhnya saat orang mukallaf mengetahui keberadaan adanya siksa di alam kubur atau alam barzah diharapkan mampu menjaga diri dari melakukan hal-hal yang mampu membuatnya nista dan cela diakhirat
4.Sebagai peringatan menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan dosa, maksiat serta perbuatan yang mengakibatkan siksa kubur seperti tidak menjalankan kebersihan saat kencing, adu domba dll
5.Siksa kubur terkadang mampu melebur sebagian dosa dan maksiat yang dilakukan seseorang semasa hidup di dunia, dengan demikian kemungkinan bisa terjadi saat dihari kiamat kelak dirinya sudah tidak lagi memiliki beban dosa
6.Siksa kubur terkadang dapat menjadi peringan atas siksaan seorang hamba dari apai neraka dihari kiamat. [Masaji Antoro].
Lihat Diraasaat ‘Aqdiyyah fii al-Hayaat al-Barzakhiyyah hal. 358 :
س: ما الحكمة من عذاب القبر ونعيمه؟
جـ: هناك مجموعة من الحكم من عذاب القبر ونعيمه منها:
1. إظهار فضل الله تعالى على عباده المؤمنين الصالحين في تنعيمهم في الحياة البرزخية، وإذلال وتعذيب المكذبين العاصين والعياذ بالله.
2. إظهار قدرة الله تعالى في تعذيب العصاة والكافرين، وتنعيم المؤمنين الصادقين في القبر دون أن يشعر بذلك سائر البشر.
3. أن المكلفين عندما يعلمون أن هناك عذاباً في القبر أو في الحياة البرزخية، فإن ذلك يكون رادعاً ومانعاً لهم عما يسوء ويشين فعله في الآخرة.
4. التحذير من بعض الذنوب والمعاصي، والتي يكون لها عُقوبات خاصة تناسبها، كعدم التنزه من البول والنميمة… وغير ذلك.
5. قد يكون العذاب في القبر مُكفِّراً لبعض الذنوب والمعاصي التي ألَّم بها العبد في الحياة الدنيا، فيأتي يوم القيامة ولا ذنب له.
6. قد يكون العذاب في القبر تخفيفاً لعقوبة ذلك العبد في النار يوم القيامة.
(دراسات عقدية في الحياة البرزخية صـ 358)

Pos terkait