1179. MENJAWAB ADZAN YANG TERDENGAR BERTURUT-TURUT

PERTANYAAN
Nur Hasyim S. Anam
Saat Kopdar di Jogja saya memimpin acara ta’aruf, di tengah acara terdengar kumandang adzan dhuhur. Maka acara saya skors. Usai adzan acara saya lanjutkan, e e e e terdengar adzan lagi di masjid yang lain, mau skors lagi kapan marine? hehehe.Bagaimana menurut anda menyikapi hal ini? Adzan mana yang sunnah dijawab?
JAWABAN :
Mbah Jenggot II 
arep goleh sing istimewa po sing biasa?
Meskipun kita sudah menjawab adzan dari satu masjid ,ketika mendengar adzan lagi dari tempat lain masih tetap dianjurkan untuk menjawabnya .Lantas bagaimana bila antara adzan yang satu bercampur dengan adzan yang lain (saling mendahului) .
Dalam hal ini ,menurut sebagian ulama tidak disunahka untuk menjawab semuanya.Tetapi menurut Imam ‘Izzuddin bin Abdussalam tetap disunahkan.
وإذا سمع مؤذنا بعد مؤذن فالمختار أن أصل الفضيلة في الإجابة شامل للجميع الا أن الأول متأكد يكره تركه وقال العز ابن عبد السلام إن إجابة الأول أفضل إلا أذانـي الصبح فلا أفضلية فيهما لتقدم الأول ووقوع الثاني فى الوقت وإلا أذانـي الجمعة لتقدم الأول ومشروعية الثاني في زمنه عليه الصلاة والسلام ومما عمت به البلوى ما إذا أذن المؤذنون واختلطت أصواتهـم على السامع وصار بعضهم يسبق بعضا وقد قال بعضهم لا تستحب إجابة هـؤلاء والذي أفتى به الشيح عز الدين أنه يستحب إجابتهم أهـ شرح م ر .
(حاشية الجمل ج 1 ص 309 )

Pos terkait