1625. BOLEH MENGGANTIKAN IMAM MESKI BUKAN ORANG YANG BERMAKMUM

PERTANYAAN :
Jika kita berjama’ah, posisi tepat di belakang Imam pada shaf pertama.pada saat raka’at pertama kita niat mufarraqah ( memisahkan diri dari imam) sebab menurut pemahaman makmum, bacaan Imam dalam al Fatihah salah.maka makmum yang sudah mufarraqah, menyelesaikan sholatnya sendiri di tempat pendiriannya semula,pada saat raka’at ke dua, Imam berhadats dan keluar dari jama’ah. Pertanyaannya : Apakah boleh makmum yang sudah mufarraqah di belakang Imam tersebut mengantikan posisi Imam, mengingat makmum tersebut sudah mufarraqah pada raka’at pertama, mohon Ilmunya para Kiayi dan assatidz semua. [Sayyidul Istighfar].
JAWABAN :
Pengganti imam boleh walaupun bukan orang yang jadi ma’mum. [ Ianah 2/97 ].
والثانـي: وهو ما إذا وقع الاستـخلاف فـي غير الـجمعة، يجوز مطلقاً؛ سواء كان الـخـلـيفة مقتدياً بـالإِمام قبل أن تبطل صلاته أم لا، لكنهم يحتاجون لنـية الاقتداء به فـي الثانـية إن خالف الإِمام فـي ترتـيب صلاته، بأن استـخـلف فـي الثانـية أو فـي الأخيرة، فإن لـم يخالفه فـي ذلك، بأن استـخـلف فـي الأولى أو فـي ثالثة الربـاعية، فلا يحتاجون لنـية الاقتداء،
Dan yang kedua adalah mengganti imam yang terjadi di selain shalat jum’at. Hukumnya boleh secara mutlaq baik orang itu bermakmum sebelum imam batal atau tidak.Tapi bila yang mengganti imam itu dalah orang yang tidak bermakmum kepada imam, maka seluruh jama’ah wajib berniat jadi makmum kepada orang itu jika memang si imam pengganti urutan shalatnya tidak sama dengan imam, Misalnya jika dia mengganti imam pada rakaat kedua atau rakaat terakhir. Namun jika imam pengganti itu urutan shalatnya sama dengan imam, semisal jika dia mengganti pada rakaat pertama atau rakaat ketiga (shalat yang 4 rakaat) maka jamaahnya tidak wajib niat jadi makmum kepada orang itu.  [ I’anatut tholibin juz 2/97 ]. Wallaahu A’laamu Bis Showaab. [Ghufron Bkl, Nur Hasyim S. Anam].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/430764943612986/

Pos terkait