1649. HUKUM MENYALAKAN KIPAS ANGIN SAAT SHALAT

PERTANYAAN :
Assalamu alaikum lagi om, Misalnya saya sedang sholat terus di tengah-tengah sholat saya merasa sangat gerah sehingga saya tidak bisa khusyuk, kebetulan di pinggir saya ada skakel (pencetan kipas) yang sangat dekat sekali dan saya menggerakkan tangan saya dengan pelan sekali untuk memencetnya dan kipaspun hidup dan akhirnya saya bisa khusyuk lagi. Pertanyaan bagaimana hukum sholat saya om ? Syukron. [Aby Batavia].
JAWABAN :
Wa’alaikum salam. Jika tidak melakukan gerakan 3 kali beruntun ya tidak membatalkan sholat. Kalau “gerah” itu termasuk dlorurot ya tidak apa-apa, tetap sah sholatnya, tapi kalau tidak termasuk dlorurot bergerak 3 kali berturut-turut “batholat sholatuhu” batal sholatnya. Asal jangan bergerak 3 kali terus menerus menurut keterangan diatas maka tak apa, misal melangkah 2 kali terus diam, melangkah lagi diam, angkat tangan diam dulu terus hidupkan kipas, yang penting jangan bergerak 3 kali terus menerus, Kukur ma’fu kalau tak sanggup nahan gatel.
Sah asalkan tidak melakukan gerakan banyak yaitu 3 kali atau lebih serta berturut-turut, jika dilakukan maka batal. Hal seperti deskripsi di atas bisa di lakukan dengan cara yang tidak sampai trjadi gerakan 3 kali berturut-turut, yaitu dengan gerekan yang bnyak tapi terpisah antara gerakan ke 2 dengan grakan pertama, dan gerakan yang ketiga terpisah dengan gerakan ke 2.
Jadi, jika pertanyaanya seperti deskripsi, maka bisa dilakukan dengan cara :
1.letakan tangan pada saklar kipas angin tersebut, kemudian diam yang sekiranya bisa memisahkan 2 gerakan.
2.lalu gerakan saklar tersebut sehingga nyala, setelah itu kemdian diam sebentar lagi yang sekiranya bisa memisahkan 2 gerakan.
3.setelah langkah-langkah di atas telah dilakukan, kemudian kembalikan tangan ke tempat semula dengan meletakan tangan ke tempatnya. yang demikian adlah gerakan yang banyak, tapi tidak membatalkan shalat krena gerakan tersebut terpisah-pisah. [ tausyikh ala ibnil qosim 66 hasyiyah al bajuri 1/178 ]. Wallohu a’lam bisshowab. [Sunde Pati, Wiro Sableng, Hanya Ingin Ridlo Robby, Awan As-Safaritiyy Asy-syaikheriyy].
– Bughyatul Mustarsydin :
ﺑﻐﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﺮﺷﺪﻳﻦ – ﺹ 54
ﻭﻟﻮ ﻛﺜﺮ ﺍﻟﺒﻌﻮﺽ ﻭﻟﻢ ﻳﻤﻜﻦ ﺩﻓﻌﻪ ﺇﻻ ﺑﺘﺤﺮﻳﻚ ﺍﻟﻴﺪ ﺛﻼﺛﺎً ﻣﺘﻮﺍﻟﻴﺔ ﻟﻢ ﺗﺒﻄﻞ ﻟﻠﻀﺮﻭﺭﺓ ﺍﻫـ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ.
Salah satu dari hal-hal yang membatalkan sholat adalah menggerakkan anggota badan tiga kali serta berturut-turut. Ini berpotensi membatalkan sholat baik dilakukan secara sengaja atau lupa. Akan tetapi hukum ini bisa berubah ( sholatnya tidak batal ) ketika gerakan tersebut dilakukan karena ada unsur dhorurot.
Kaidah fiqh dikatakan :
ﺍﻟﻀﺮﻭﺭﺍﺕ ﺗﺒﻴﺢ ﺍﻟﻤﺤﻈﻮﺭﺍﺕ
“ Keadaan-keadaan dhorurot memperbolehkan perkara-perkara yang dilarang “.
– Kifayatul Ahyar :
كفاية الاخيار
الشرط السابع الكف عن الأفعال أعلم أن الفعل الزائد على الصلاة إن كان من جنسها كالركوع والسجود وزيادة ركعة إن تعمد ذلك بطلت سواء قل الزائد أو كثر وإن كان الفعل من غير جنس الصلاة فاتفق الأصحاب على أن القليل لا يبطل والكثير يبطل وفي ضبط القليل والكثير أوجه الصحيح الرجوع فيه إلى العادة فلا يضر ما عده ى الناس قليلا كالإشارة برد السلام وخلع النعل ونحوهما ثم قالوا الفعلة الواحدة كالخطوة والصربة قليل قطعا والثلاث كثيرة قطعا والاثنتان قليل على الأصح واتفق الأصحاب على أن الكثير إنما يبطل إذا توالى فإن تفرق بأن خطا خطوة ثم بعد زمن خطوة أخرى وكرر ذلك مرات فلا يضر قطعا قاله في الروضة ويشهد له حديث أمامة رضي الله عنها فلو تردد في فعل هل وصل إلى حد الكثرة أم لا قال الإمام الأظهر أنه لا يؤثر لأن الأصل
____________________
(1/97)
عدم الكثرة وعدم بطلان الصلاة ثم حد التفريق أن يعد الثاني منقطعا عن الأول
واعلم أن شرط الفعلة الواحدة التي لا تبطل أن لا تتفاحش فإن أفرطت كالوثبة الفاحشة أبطلت قطعا قاله في الروضة لأنها منافية للصلاة
واعلم أن الحركات الخفيفة كتحريك الأصابع في حكة لا تضر على الأصح وإن كثرت وتوالت لأنها لا تخل بهيئة تعظيم الصلاة ولا بالخشوع أما لو حرك كفه ثلاثا على بدنه يهترش فإن صلاتة تبطل قال في الكافي إلا أن يكون به جرب لا يقدر معه على عدم الحك فيعذر
واعلم أن كثير الفعل حيث أبطل عند العمد فكذا يبطل عند فعله سهوا على المذهب لأنه يقطع نظم الصلاة والله أعلم
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/417353894954091/

Pos terkait