1752. JIKA BERHADATS DI TENGAH-TENGAH WUDHU

PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum. [ BAB WUDLU ] Semoga Semoga Sedulur PISS-KTB semua dan jajaran Dewan Asatidz/zh diberikan kelimpahan rahmat dan hidayah-Nya dengan limpahan kesehatan dan limpahan rizqi yang Halal Aamiin Yaa Robbal Alaamiin. Si Fulan sedang berwudlu dan ketika sampai pada urutan mengusap sebagian rambut, tiba-tiba Si Fulan tadi kentut, pertanyaannya :

1. dengan demikian apakah Si Fulan tadi harus mengulangi Wudlunya dari awal atau melanjutkannya sampai selesai untuk menyempurnakan wudlunya.
2. bila pada kasus musim kemarau bagaimana, yang pada daerah tertentu nilai air ibarat emas (*sakeng ngirite). Mau tayamum, air di depan mata, mau mengulang dari awal, air susah. silahkan penginclonganipun, matursuwun sak derenge. [Amri Ahmad].

JAWABAN :
Wa’alaikumus salam,
1. Apabila seseorang membasuh ke-2 tangannya ketika berwudlu, kemudian ia berhadas ketika berkumur maka untuk memperoleh kesunahan dalam berwudlu maka ia harus mengulangi membasuhnya lagi sebelum niat berwudlu dilakukan. Karena niat membasuh tangan sebagai kesunahan akan batal ketika hadas datang. Dengan demikian, ketika sebagian fardlu dan sunah wudlu telah batal maka wajib mengulanginya lagi dari awal. Jadi, jika sunnahnya yang batal maka sunnah pula mengulang, bukan hukum wajib mengulang, sebab bukan wajib. Membasuh tangan sebelum wudhu’ adalah sunnah. Lihat kitab i’anah :
اعانة الطالبين ١/٧٧
لو غسل يديه فى الوضوء ثم احدث قبل المضمضة مثلا فانه يحتاج فى تحصيل السنة الى اعادة غسلهما بعد نية الوضوء لان تلك النية بطلت بالحدث
2. Lantas bagaimana kalau air nya tidak mencukupi, karena untuk kebutuhan minum dll yang lebih penting ? Maka diganti dengan bertayamum.
نهاية الزين ٣٦
و لو كان معه ماء لكن يحتاج اليه لعطش حيوان محترم و لو لغيره او يحتاج ثمنه لنفقة ذلك الحيوان او كان الخبز الموجود لا يمكن اكله الا اذ  بل بالماء و الماء الموجود معه لا يكفى لذلك و للطهارة و لم يقدر على غير هذا الماء و جب عليه التيمم صونا للروح او غيرها عن التلف و يحرم عليه الوضوء به حينئذ
Hukum berlebih-lebihan dalam air yang sedikit yang hanya cukup untuk membasuh yang fardlu saja adalah haram.
الاقناع ١/٤٣
او قل الماء بحيث لا يكفيه الا للفرض فتحرم الزيادة لانها تحوجه الى التيمم مع القدرة الى الماء
Wallaahu A’laamu Bis Showaab. [Abdurrahman As-syafi’i, Ibnu Toha].
Link Asal :

www.fb.com/groups/piss.ktb/444897028866444/

Pos terkait