2434. HUKUM SHALAT MEMAKAI MUKENA DARI SUTRA

PERTANYAAN :
Assalamuu’alikum? aku pernah dengar kalau kain sutra tidak boleh dipakai untuk sholat, bagaimna dengan mukena yang terbuat dari kain sutra ? [Ulfa Anakmanja].
JAWABAN :
Wa’alaikum salaam, shalatnya sah karena wanita memakai sutra hukumnya boleh.
:.و يحل للنساء لبس الحرير و افتراشه و يحل للولي الباس الصبي الحرير قبل سبع سنين و بعدها أى الى البلوغ. الباجوري ١/٢٤١
Adapun hikmah dan illatnyang keharoman sutra bagi laki-laki adalah bahwa memakai sutra itu suatu kesombongan yang mewaritskan kemewah-mewahan hidup, perhiasan dan memakai pakaian yang pantas untuk wanita yang tidak pantas untuk kesatrian seseorang laki-laki, sedangkan orang laki-laki menyerupai wanita hukumnya harom begitu juga sebaliknya.
Menurut Imam Ghozaliy keharoman tersebut karena dalam sutra terkandung makna tingkah laku kewanitaan / kelemah-lembutan dan kejinakan yang tidak pantas untuk kesatrian / kekuatan seorang laki-laki. Wallohu a’lam. [Ghufron Bkl].
: .وحكمة التحريم أنه مع ما فيه من معنى الخيلاء يورث رفاهية و زينة و ابداء زي يليق بالنساء دون شهامة الرجال والتشبه بالنساء حرام كعكسه قال ع ش وهو من الكبائر. إعانة الطالبين ٢/٧٧ وقد علل الإمام الغزالي الحرمة بأن في الحرير خنوثة أى نعومة وليونة لا تليق بشهامة الرجال أى بقوتهم وهذه الحرمة من الكبائر كما نص عليه الشيخ عطية و نقل عن الشبراملسي. الباجوري ١/٢٣٩و لما فيه من الخنوثة أى الميل لطبع النساء المنافي لشهامة الرجال فلما كان الحرير ثوب رفاهية و زينة و في لبسه إبداء زي يليق  بالنساء حرم لأن التشبه بهن حرام. الشرقاوي ١/٣٣١
LINK ASAL:

www.fb.com/groups/piss.ktb/600639079958904

Pos terkait