3069. BOLEHKAH SHOLAT FARDHU BERMAKMUM KEPADA SHOLAT SUNNAH ?

PERTANYAAN :
Assalaamu alaikum ustadz, bagaimana hukumnya sholat fardhu berjama’ah pada orang yang lagi sholat sunnah? [ Polici Tedung ]
JAWABAN :
Wa alaikumus salaam warohmatulloh. Sholat fardhu berjama’ah pada orang yang sedang sholat sunnah hukumnya makruh dan tetap mendapatkan fadhilah berjama’ah. Lihat kitab As-syarqowi 1/334 :
: قوله اذا اتفق فيها صلاتا الامام والمأموم أى عددا و نوعا كظهرين فان اختلفا نوعا فقط كعصر خلف ظهر او نوعا وصفة كمغرب خلف ظهر كانت الجماعة مكروهة و مع ذلك تحصل فضيلتها كفرض خلف نفل وعكسه ومؤداة خلف مقضية وعكسه. الشرقاوي ١/٣٢٤
Pernyataan penulis ” jika sama sholatnya imam dan makmum” maksudnya sama dalam rokaat dan macamnya,misalnya seperti dua sholat Dhuhur, jika berbeda macamnya saja misalnya seperti sholat Asar di belakang sholat Dhuhur, atau berbeda dalam macam dan sifatnya seperti sholat Maghrib di belakang sholat Dhuhur maka jamaahnya menjadi makruh tapi tetep mendapat fadhilah jamaah seperti sholat FARDHU dibelakang sholat SUNNAH, begitu juga sebaliknya , dan sholat Ada’ di belakang sholat Qodho’ dan sebaliknya.
– Tuhfah al-habib ala syarh al-khotib juz 2, hal . 305 al-maktabah asy-syamilah :
ومع الكراهة تحصل فضيلة الجماعة كفرض خلف نفل وعكسه
Beserta hukum makruh diperoleh fadhilah jamaah seperti sholat fardlu (berjamaah) di belakang sholat sunnah dan kebalikannya (sholat sunnah di belakang sholat fardlu). Wallohu a’lam bis showab. [Ghufron Bkl, Ibnu Al-Ihsany].
LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/745419238814220/

www.piss-ktb.com/2012/03/039-shalat-bermakmum-pada-orang-sholat.html

Pos terkait