5155. NAHWU : KEDUDUKAN LAFADZ “FAQOTH” فقط

PERTANYAAN :
Assalamualaikum. Lafadz “faqoth” kalimat apa ? mohon dijawab beserta referensinya. Wassalamualaikmum. [Irfan Zidny].
JAWABAN :
Wa’alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh. Pernahkah kita sebagai pelajar Bahasa Arab menemukan kata فقط ? Saya yakin Anda pernah menemukannya ketika membaca teks-teks bahasa Arab. Kata ini bisa dibaca faqoth dan bisa dibaca faqoththu, apa bedanya? simak penjelasannya berikut ini :
Lafadz “فقط ”  (faqoth) kata aslinya adalah hanya قط (qoth), adapun fa-nya adalah hanya tambahan untuk penghias lafadz, قط (qoth) adalah isim fi’il mudhori yang memiliki arti يكفي atau cukup/hanya/saja, قط (qoth) ini mabni sukun. Contoh أريد هذا فقط (saya ingin ini saja)
فقط (faqoththu) kata aslinya adalah hanya قط (qoththu), begitu juga fa-nya adalah tambahan untuk penghias lafadz (demikian pendapat ahli Nahwu), قط (qoththu) adalah dzorof zaman (keterangan waktu), قط (qoththu) khusus untuk nafi yang menunjukkan arti sama sekali, menafikan melakukan sesuatu di masa lalu, sebagai contoh adalah
ما فعلتُ هذا فقطُّ
(saya sama sekali tidak melakukan ini) ini berati bahwa dari dulu saya belum pernah melakukan ini sama-sekali.
Jadi perlu diingat bahwa perbedaan yang sangat nampak diantara keduanya adalah syakal pada huruf tho-nya, jika sukun berarti cukup / hanya / saja dan jika tasydid + dhommah maka berarti sama sekali. Wallahu a’lam. [santrialit].
الفرق بين فقطْ بالسكون وفقطُّ بالضم :
فقَطْ أصلها (قطْ) والفاء زائدة جيء بها لتزيين اللفظ، و ( قَطْ ) بالسكون: اسم فعل مضارع بمعنى: يكفي، مبني على السكون،
أما : قَطُّ أو فَقَطُّ بالضم، الفاء لتزيين اللفظ (هكذا عَلَّلَ النحاة)، قَطُّ أو فَقَطُّ: ظرف زمان لاستغراق الماضي، وتختص بالنفي : ما فعلتُ هذا قطُّ أو فقطُّ، أي فيما مضى من زمان وانقطع، بمعنى لم أفعله أبداً.
ويجب التنبيه إلى الشكل للتمييز بين (قطْ) و (قطُّ)، والضابط في ذلك هو المعنى، فإذا كانت بمعنى (يكفي) فهي ساكنة الطاء (قطْ)، وإذا كانت بمعنى الزمان المستغرِق للماضي فهي المبنية على الضم (قطُّ).
LINK ASAL :
www.fb.com/groups/piss.ktb/1393355954020542/

Pos terkait