5392. KAJIAN KITAB MINHAJUL ‘ARIFIN KARYA IMAM AL GHOZALI [Bab 8-9 : Bangun dan Bersiwak]

KAJIAN KITAB MINHAJUL ‘ARIFIN KARYA IMAM AL GHOZALI
الباب الثامن  باب القيام
فإذا قمت من فراشك فأقم قلبك عن فراش البطالة , و أيقظ نفسك عن نوم الجهالة , و أنهض بكلك إلى من أحياك و رد إليك نفسك ,
Bab kedelapan tentang Bangun
Ketika engkau bangun dari tempat tidurmu maka bangunkan hatimu dari  ranjang kebatilan, bangunkan dirimu dari tidur kebodohan, bangkitkan  seluruh jiwamu kepada dzat yang menghidupkanmu dan tolaklah nafsumu  menjauh darimu.
و قم بفكرك عن حركتك و سكونك و اصعد بقلبك إلى  الملكوت الأعلى , ولا تجعل قلبك تابعا لنفسك , فإن النفس تميل إلى الأرض , و  القلب يميل إلى السماء ,
Bangunlah dengan fikiranmu dari gerakan  dan diammu, Naiklah ke alam malakut yang tinggi dengan hatimu dan  janganlah kau jadikan hatimu mengikuti nafsumu karena sesungguhnya nafsu  condong kepada bumi sedangkan hati condong kepada langit.
و استعمل قول الله عز وجل : { إليه يصعد الكلم الطيب و العمل الصالح يرفعه } .
Pergunakanlah firman Allah azza wajalla : “kepada-Nyalah perktaan-perkataan yang baik dinaikkan dan amalan-yang sholih diangkat”. (QS 35:10).
الباب التاسع  باب السواك
و استعمل السواك فإنه مطهرة للفم و مرضاة للرب , و طهر ظاهرك و باطنك عن دنس الإساءة ,
Bab kesembilan tentang Bersiwak
Pergunakanlah siwak karena ia dapat membersihkan mulut dan mendatangkan  keridloan Tuhan. bersihkanlah dhohir dan bathinmu dari kotornya  kejahatan.
و أخلص أعمالك عن كدر الرياء و العجب , و اجل قلبك بصافي ذكره , و دع عنك مالا ينفعك بل يضرك .
Ikhlashkanlah amalanmu dari kotoran riya’ / pamer dan ujub / bangga diri. Getarkanlah hatimu dengan kejernihan dzikir kepada-Nya dan tinggalkanlah  hal-hal yang tidak mendatangkan manfa’at bagimu apalagi yang membahayakanmu. Wallohu a’lam.[Ust.Nur Hamzah].  # Rabbi zidna ‘ilman nafi’a #
LINK ASAL:

www.fb.com/groups/piss.ktb/1819465298076270

Pos terkait