Bisnisnya Bangkrut, Warga Gresik Rasakan Karomah Abah Guru Sekumpul

  • Whatsapp
Bisnisnya Bangkrut, Warga Gresik Rasakan Karomah Abah Guru Sekumpul

Bisnisnya Bangkrut, Warga Gresik Rasakan Karomah Abah Guru Sekumpul

Abah Guru Sekumpul adalah sosok ulama besar yang sangat dicintai jutaan manusia di Nusantara dan dunia. Jejak hidupnya penuh dengan keteladanan dan kasih sayang. Setiap saat, Abah Guru Sekumpul menerima tamu dari semua kalangan masyarakat, mulai warga kecil sampai pengusaha dan pejabat. Semua dilayani dengan penuh penghormatan oleh Abah Guru Sekumpul.

Bacaan Lainnya

Pada tahun 2018, ada seorang pecinta Abah Guru Sekumpul asal Gresik Jawa Timur yang datang saat acara haul. Ahmad, sebut saja namanya itu (bukan nama sebenarnya). Ia tidak mau disebut nama aslinya. Saat itu, Ia datang langsung dari Gresik. Ia sangat bahagia bisa datang bersama jutaan manusia. Rindunya kepada Guru Sekumpul tak terbendung. Ia menyaksikan langsung jutaan manusia itu dari berbagai penjuru Nusantara, bahkan tidak sedikit dari manca negara seperti Malaysia, Singapura, dan lainya.

“Saya pasti hadir di acara haul abah Guru Sekumpul, dikarenakan saya punya sejarah yang tidak pernah dilupakan seumur hidup. Dulu, saat merantau ke Kalsel saya lumayan sukses. Punya kapal barang 2 buah, memiliki rumah sendiri. Tapi akhirnya saya bangkrut dan mempunyai banyak utang. Di tahun 1980, hidup saya tidak tenang, selalu dihantui hutang,” ceritanya penuh kenangan.

“Kalau dihitung sekitar Rp 5 miliar. Cuma sisa duit untuk bertahan hidup Rp 2 juta. Kemudian saya membuka warung sate di malam hari,” lanjutnya. Ia menikmati profesi barunya itu. Bagaimanapun, itu adalah pemberian dari Allah. Walaupun tetap saja ada sesuatu yang terasa janggal, karena dari kaya raya menjadi sangat sederhana.

Sampai suatu saat, di tengah suasana jualan sate itu, ia melihat ada orang yang memaki Abah Guru Sekumpul.

“Ada salah satu orang yang memaki Abah Guru Sekumpul, terus saya belain,” kisahnya.

Setelah peristiwa itu, ia bertemu Abah Guru Sekumpul dalam mimpi. Dalam mimpinya, ia mengeluhkan kondisi hidupnya yang sedang malang, hutang menumpuk gak karuan. Hidup susah merana.

“Dalam mimpi itu bertemu Abah Guru Sekumpul. Saat mimpi itu, beliau membicarakan nasib saya yang malang ini dihantui hutang banyak. Kemudian abah Guru Sekumpul bilang, Nanti kamu akhirnya tertawa, saya jadi bingung, gimana ketawa, sekarang aja lagi pusing,” kisahnya melanjutkan.

Dalam mimpi itu pula, Abah Guru Sekumpul memberikan amalan kepadanya. Tapi ia merasa tak sanggup mengamalkannya.

“Abah Guru Sekumpul senang dengan kejujuran saya dan akhirnya cuma memberikan catatan bertintakan emas. Tak lama sekitar tiga tahun hidup saya berubah, hutang sudah dapat saya lunasi,” lanjutnya dengan senyum.

Kini, ia tinggal di Gresik menikmati hari tuanya. Ia sangat terkesan dengan pengalaman hidup itu, baginya Abah Guru Sekumpul adalah ulama panutan yang sangat berjasa dalam hidupnya.

“Bagaimanapun saya pasti hadir di acara haul Abah Guru Sekumpul, karena sejarah yang tidak bisa dilupakan bersama guru yang kharismatik dan rendah hati,” pungkasnya.

Demikian kisah istimewa tentang sosok Abah Guru Sekumpul. Banyak jama’ah dan pecintanya yang punya kenangan yang tak terlupakan. Kisah tentang Bisnisnya Bangkrut, Warga Gresik Rasakan Karomah Abah Guru Sekumpul ini jadi pelajaran berharga buat kita semua. Semoga kita semua selalu dekat dengan para kekasih Allah.

*Kisah ini disarikan dari Suara Borneo Martapura.

Penulis: Abu Umar

Editor: Mas Ahmad

Pos terkait