Bolehkah Aqiqah dan Qurban Dengan Kambing Betina?

  • Whatsapp
Bolehkah Aqiqah dan Qurban Dengan Kambing Betina?

Bolehkah Aqiqah dan Qurban Dengan Kambing Betina?

PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum. Bolehkah aqiqah dengan kambing betina ? [Sang Mistikus Cinta].
Assalamualaikum. Apakah boleh kambing betina dipakai aqiqah ? [Sucy Auliya]
JAWABAN : Wa’alaikumussalam. Boleh aqiqah dengan kambing betina, berdasar keterangan dalam kitab majmu syarah muhaddzab, imam nawawi menjelaskan begini :

 

Bacaan Lainnya
ويجوز فيها الذكر والانثى لما روت أم كرز عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: على الغلام شاتان وعلى الجارية شاة لا يضركم ذكرانا كن أو أناثا.


Artinya: “Dan diperbolehkan dalam berkurban dengan hewan jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau pernah bersabda “(aqiqah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing. Baik berjenis kelamin jantan atau betina, tidak masalah.” (Lihat: An-Nawawi, al-Majmū’ Syarḥ Muhazzab, Beirut: Dār al-Fikr, tt., j. 8, h. 392).


Menurut An-Nawawi, jika jenis kelamin jantan maupun betina dalam hal aqiqah saja tidak dipermasalahkan maka dalam konteks kurban juga sama. Tidak ada masalah.


وإذا جاز ذلك في العقيقة بهذا الخبر دل على جوازه في الاضحية ولان لحم الذكر أطيب ولحم الانثى أرطب


Artinya: “Jika dalam hal aqiqah saja diperbolehkan dengan landasan hadits tersebut, maka hal ini menunjukkan kebolehan untuk menggunakan hewan berjenis kelamin jantan maupun betina dalam kurban. Karena daging jantan lebih enak dari daging betina, dan daging betina lebih lembab.” (Lihat: An-Nawawi, al-Majmū’ Syarḥ Muhazzab, Beirut, Dār al-Fikr, tt., j. 8, h. 392).


Ada yang mengatakan lebih baik jantan karena dagingnya lebih gurih, ada yang mengatakan lebih baik betina karena dagingnya lebih banyak / empuk, tapi yang shohih lebih baik jantan. Wallohu a’lam. [Mbah Godek, Mieftah Fathur Rohman, Moh Showi].


Referensi :

– Mughnil Muhtaj :
ويجوز ذكر وأنثى أى التضحية بكل منهما بالإجماع وإن كثر نزوان الذكر وولادة الأنثى ،نعم التضحية بالذكر أفضل على الأصح المنصوص لأن لحمه أطيب كذا قال الرافعي ونقل في المجموع في باب الهدي عن الشافعي أن الأنثى أحسن من الذكر لأنها أرطب لحما ولم يحك غيره ويمكن حمل الأول على ما إذا لم يكثر نزوانه والثاني على ما إذا كثر.   مغني المحتاج ٤/٢٨٤
– Nihayatul Muhtaj :
نهاية المحتاج (8/ 133) ويجوز ذكر وأنثى وخنثى لكن الذكر ولو بلون مفضول فيما يظهر أفضل لأن لحمه أطيب إلا أن يكثر نزواته فالأنثى التي لم تلد أفضل منه حينئذ وعلى ذلك حمل قول الشافعي والأنثى أحب إلي وحمله بعضهم على جزاء الصيد إذا قومت لإخراج الطعام والأنثى أكثر قيمة وخصي للاتباع


Tambahan :

نيل الأوطار
وعن أم كرز الكعبية أنها سألت رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم عن العقيقة فقال: نعم عن الغلام شاتان وعن الأنثى واحدة، ولا يضركم ذكرانا كن أو إناثا رواه أحمد والترمذي وصححه.
 
المجموع شرح المهذب
ويجوز فيها الذكر والأنثى لما روت أم كرز عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال (على الغلام شاتان وعلى الجارية شاة لا يضركم ذكرانا كن أو إناثا) وإذا جاز ذلك في العقيقة بهذا الخبر دل على جوازه في الأضحية ولان لحم الذكر أطيب ولحم الأنثى أرطب)
 
سنن النسائي
عن أم كرز قالت أتيت النبي صلى الله عليه وسلم بالحديبية أسأله عن لحوم الهدي فسمعته يقول على الغلام شاتان وعلى الجارية شاة لا يضركم ذكرانا كن أم إناثا


LINK ASAL :

www.fb.com/groups/piss.ktb/563815340307945/
www.fb.com/groups/piss.ktb/2318901501465978/

Demikian Bolehkah Aqiqah dan Qurban Dengan Kambing Betina?. Semoga Bermanfaat.

peluang-usaha-depot-air-minum-2

Pos terkait