Bolehkah Shalat Qoshor Bermakmum Pada Sholat Sempurna (Itmam)?

  • Whatsapp
Bolehkah Shalat Qoshor Bermakmum Pada Sholat Sempurna (Itmam)?

Pertanyaan: Bolehkah Shalat Qoshor Bermakmum Pada Sholat Sempurna (Itmam)?

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Kejadian pada ana sendiri, kemarin ana qashar shalat karena ana safir. Waktu ana qasar shalat ana ikut jamaah dengan satu safir juga, saya fikir beliau mengqashar shalat.. rupanya beliau shalat tamam. Jadi tadz. apakah karena saya niat qashar. Apakah saya harus mufaraqah dengan jamaah itu atau wajib bagi ana juga mentamamkan shalat itu ? [Anas Bin Malik].

Bacaan Lainnya

 

Jawaban atas pertanyaan Bolehkah Shalat Qoshor Bermakmum Pada Sholat Sempurna (Itmam)?

Wa’alaikum salaam Wr. Wb.

Orang yang berma’mum kepada imam yang itmam (shalatnya tidak di-qoshor) baik imam tersebut muqim ataupun musafir maka ma’mumnya harus itmam (shalatnya tidak boleh qosor) baik ma’mum tersebut niat qosor ataupun niat itmam.

Baca Juga >  5368. HUKUM TAKBIR ZAWAID (TAMBAHAN) DALAM SHOLAT ‘IED

 

Referensi :
– Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab IV / 294:

قال الشافعي والأصحاب رحمهم الله: شرط القصر أن لا يقتدي بمتم، فمن اقتدى بمتم في لحظة من صلاته لزمه الإتمام، سواء كان المتم مقيماً أو مسافراً نوى الإتمام أو ترك نية القصر

Gusti Kanjeng Imam Asy-Syafi’i dan Ash-hab rahimahumullah berkata: Syarat qashar adalah tidak bermakmum kepada orang yang sholat sempurna, maka barangsiapa orang yang sholat qashar bermakmum kepada orang yang sholat sempurna, meskipun sebentar maka wajib baginya itmam (menyempurnakan sholat), baik itu orang diikuti tadi seorang yang mukim (tidak bepergian) maupun seorang musafir, maka wajib baginya niat itmam atau meninggalkan niat qasharnya.

Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat. [Ghufron Bkl]

Sumber Baca Disini

Silahkan baca juga artikel terkait.

Pos terkait