Hanya Minum Air Apakah Bisa Dianggap Sahur?

  • Whatsapp
Hanya Minum Air Apakah Bisa Dianggap Sahur?

Pertanyaan: Hanya Minum Air Apakah Bisa Dianggap Sahur?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bacaan Lainnya

Afwan, mau nanya. Apakah hadis ini benar adanya? Kalau ada versi arab nya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang melaksanakan sahur.” (HR Ibnu Hibban). Yang kedua, temen saya selalu bangun jam 03.00 an tapi sahur nya cuma minum air saja . Apa itu bisa dikatakan sahur? Terimakasih.

[Gina Sulistia].

Jawaban atas pertanyaan Hanya Minum Air Apakah Bisa Dianggap Sahur?

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Di antara orang-orang yang berbahagia dengan shalawat para Malaikat adalah orang yang makan sahur, dan di antara dalil yang menunjukkan hal tersebut adalah:

Imam Ibnu Hibban dan Imam ath-Thabrani meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ.

Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.

Kitab Al ‘ilal li ibni hatim Al mughni

Baca Juga >  1269. INILAH KIFARAT JIMA' DI SIANG HARI BULAN RAMADHAN

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu bersabda:

“اَلسَّحُوْرُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوْهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ, فَإِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ.”

“Makan sahur adalah makanan yang penuh dengan keberkahan, maka janganlah engkau meninggalkannya, walaupun salah seorang di antara kalian hanya meminum seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.’”

Benar, sudah termasuk sahur walau hanya meminum seteguk air

Fadhoil syuhuri romadhon:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الإِسْكَنْدَرَانِيِّ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْجَمَاعَةُ بَرَكَةٌ ، وَالثَّرِيدُ بَرَكَةٌ ، وَالسُّحُورُ بَرَكَةٌ ، تَسَحَّرُوا فَإِنَّهُ يَزِيدُ فِي الْقُوَّةِ ، تَسَحَّرُوا وَلَوْ عَلَى جَرْعٍ مِنْ مَاءٍ ، صَلَوَاتُ اللَّهِ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ ” .

Dari Abi sa’id al-iskandary, ia berkata, telah bersabda Rosulillah SAW: Berjama’ah itu berkah, sahur itu berkah, maka lakukanlah sahur karena ia menambah kekuatan, sahurlah walau dengan seteguk air, rahmat Allah atas orang orang yang melaksanakan sahur. Wallahu a’lam.

[Santrialit].

Sumber Baca Disini
Silahkan baca juga artikel terkait.

Pos terkait