Hukum Aqiqah Untuk Bayi Yang Keguguran

  • Whatsapp
Hukum Aqiqah Untuk Bayi Yang Keguguran

Hukum Aqiqah Untuk Bayi Yang Keguguran.

Membahas seputar hukum aqiqah tentu sudah sangat familiar, namun kali ini kita akan secara khusus membahas aqiqah bagi bayi yang keguguran. Mengenai topik utama pembahasan kita kali memang sangat jarang di bahas, namun sangat penting mengingat kasus tersebut pasti terjadi di tengah tengah kehidupan masayarakat. Sehingga sangat penting untuk dinahas. Semoga pembahasan kita kali ini bisa menjadi salah satu referensi yang memberikan solusi bagi permasalahan kita dalam urusan aqiqah. Amin. Selamat membaca.

Read More

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Saya mau tanya soal aqiqoh, ada seorang istri hamil, lalu dia keguguran, dan itu belum diketahui jelas jenis kelamin janin yang dikandungnya, jika si orang tua mau mengaqiqohi sebaiknya kambing yang disembelih itu berapa? tolong bantuanya para member sekalian.

[Boedheey Threeyono].

Jawaban atas pertanyaan Hukum Aqiqah Untuk Bayi Yang Keguguran

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Mengenai keguguran bila sudah sampai waktu ditiupkannya ruh (4 bulan atau 120 hari) maka tetap sunah untuk diaqiqohi, mengenai jumlah hewan yang buat aqiqoh maka dengan dua kambing karena untuk kehati-hatian / ihtiyath .

Baca Juga >  2123. INILAH BATASAN MAMPU DALAM BERQURBAN

بغية المسترشدين : ص :٢٥٨

: .فائدة قال ابن حجر ومثله ش ق لا تستحب العقيقة كالتسمية عن السقط إلا إن نفخت فيه الروح إذ من لم تنفخ فيه لا يبعث ولا ينتفع به في الآخرة.

بشرى الكريم٢/١٢٩

و يحصل بها أصل السنة ولو قبل انفصال الولد بعد إمكان نفخ الروح فتسن عن سقط بلغ ذلك.

إلشرقاوي ٢/٤٧٠

تسن العقيقة على الغلام وهي في حقه شاتان و تسن عن غيره من أنثى و خنثى وهي في حقهما شاة،___والمراد بالغلام ولو سقطا إن بلغ أوان نفخ الروح فيه.

Kalau aqiqoh satu kambing saja itu cukup kan ya, walaupun anak laki-laki? cukup, pakai dua kambing tersebut adalah afdlolnya saja.

Demikian pembahasan spesial kita kali ini. semoga menjadi tambahan ilmu pengetahuan dan memberi manfaat bagi kita semua.

Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat.

[Ghufron Bkl].

Sumber Baca Disini
Silahkan baca juga artikel terkait.

Related posts