0047. Bolehkah Aqiqoh Dengan Selain Kambing ?

  • Whatsapp
PERTANYAAN :
MASALAH : Kita tahu aqiqah adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan Rosululloh SAW, 1 kambing untuk bayi perempuan & 2 kambing untuk bayi laki-laki. Berbeda dengan kebanyakan masyarakat di sekitar tempat tinggal saya, berhubung undangan aqiqahnya banyak, terkadang yanq dipotong 1 ekor kerbau / sapi, supaya bisa mencukupi kepada undangan. Pertanyaan :
1.Bolehkah beraqiqah dengan selain kambing? (sapi / kerbau bagi yang mampu)
2.Bgmana jika sebaliknya, ber-aqiqah dengan ayam / bebek (bagi yang tidak mampu) ? silahkan pencerahannya. [Ahmad Hanafi].
JAWABAN :
Dalam kitab At-Tajrid li-Naf’il Abid – Al Bujairami disebutkan :
قوله:، وحصول السنة بشاة) أي: فلا تحصل بغير ذلك من غير النعم والظاهر أنه يجزئ كل من البقرة، والناقة عن سبعة كما في الأضحية شرح م ر
“Perkataan mushannif ” dan bisa memperoleh kesunnahan dengan kambing” yakni maka tidak hasil (tidak memperoleh pahala kesunnahan, penj) dengan selain yang demikian seperti selain binatang ternak, sedangkan dhahirnya sesungguhnya dapat di terima (mencukupi) setiap yang berupa sapi dan onta untuk 7 (orang) sebagaimana pernjelasan Imam Ramli tentang korban “
**Mim Ra’ = Imam Ramli, kalau khilaf ruju’ .
Berakikah dengan sapi, kerbau atau unta juga boleh, aturannya sama seperti halnya qurban. jadi satu sapi bisa dijadikan akikah untuk satu orang atau maks 7 orang. AlBujairomi.
Senada dengan yang ta’bir ust. Yupiter Jet , dengan tambahan keterangan sebagai berikut :
(توشيخ ابن قاسم 270 )
وعن ابن عباس يكفي اراقة الدام ولو من دجاج او أوز وكان الشيخ محمد الفضالي يأمر الفقير بتقليده ويقاس على الأضحية العقيقة فيجوز لمن لم يقدر على ثمن الشاة ان يعق ولده بالديكة على  مذهب ابن عباس كما قاله الشيخ محمد الفضالي اهـ .

Wallohu a’lam. [عبدالرحيم الثوري, Yupiter Jet, Raden Mas LeyehLeyeh].

Pos terkait