3294. KAJIAN KITAB HIKAM BAGIAN – 09

Oleh: Yai Mbah Jenggot II
Kajian Hikam 09
بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين وصلى الله على سيد المرسلين وإمام المتقين نبينا محمد وعلى جميع إخوانه من النبيين والمرسلين وعلى ءاله الطيبين شرح الحكم العطائية لابن عطاء الله السكندري: تنوعت أجناس الأعمال ، لتنوع واردات الأحوال .
Amal itu beragam lantaran beragamnya keadaan yang menimpa hati. Bentuk-bentuk amal zhahir beraneka ragam karena beragamnya situasi, kondisi dan motifasi dalam hati yang melatarbelakangi munculnya amal tersebut.
Amal ibadah itu terikat dengan niat seseorang, dan ia berlaku sesuai dengan niatnya pula.
Hasil dari suatu ibadah ditentukan oleh bagaimana seseorang menempatkan niat dalam hatinya ketika ia beramal, sebagaimana disebutkan dalam hadits, ”Ingatlah bahwa dalam tubuh ada segumpal darah, apabila ia baik maka akan baik semua yang ada pada tubuh, namun apabila ia rusak maka rusaklah semua yang ada pada tubuh, ingatlah bahwa segumpal darah itu adalah hati.”
رب عمل صغير تعظمه النية, ورب عمل كبير تصغره النية
Terkadang, pekerjaan kecil menjadi besar (dampaknya) karena bagus) niatnya, dan pekerjaan besar menjadi kecil (dampaknya) karena (salah) niatnya.
Apabila hati mengetahui keutamaan shalat malam kemudian tergerak untuk melakukannya, maka organ tubuh akan ikut tergerak untuk melakukannya, demikian juga dengan shadaqah, puasa dan ibadah-ibadah lainnya.
Nampaknya kita perlu renungi apa yang diungkapkan oleh Imam al-Ghazali tentang ikhlas yang menyatakan bahwa seluruh pekerjaan itu akan sia-sia tanpa adanya ikhlas.
فالناس كلهم هلكى إلا العالمون, والعالمون كلهم هلكى إلا العاملون, والعاملون كلهم هلكى إلا المخلصون, والمخلصون على خطر عظيم. فالعمل بغير نية عناء, والنية بغير إخلاص رياء[12]. وهو للنفاق كفاء ومع العصيان سواء…….
Seluruh manusia akan binasa kecuali yang berilmu, dan setiap yang berilmu akan binasa kecuali yang mengamalkannya, dan orang yang mengamalkan ilmu akan binasa kecuali orang yang ikhlas, dan orang yang ikhlas itu adalah dalam bahaya besar. Maka pekerjaan yang tidak disertai niat adalah tertawan, dan niat tanpa ikhlas adalah riya.
Pekerjaan seperti itu adalah cukup untuk orang yang munafik dan orang yang gemar melakukan dosa…..
(والله أعلم بالصواب والخطاء)
اللهم أصلح لنا ديننا الذي هو عصمة أمرنا وأصلح لنا دنيانا التي فيها معاشنا وأصلح لنا آخرتنا التي إليها معادنا، اللهم لا تجعل الدنيا أكبر همنا ولا مبلغ علمنا ولا إلى النار مصيرنا، اللهم لا تجعل مصيبتنا في ديننا، اللهم اجعل الحياة زيادة لنا في كل خير والموت راحة لنا من كل شر، اللهم اختم لنا بخير واجعل عواقب أمورنا إلى خير وتوفنا وأنت راضٍ عنا. 
LINK ASAL:

Pos terkait