5404. KAJIAN KITAB AHWALUL QUBUR KARYA AL HAFIDZ IBNU ROJAB (BAGIAN 2)

KAJIAN KITAB AHWALUL QUBUR KARYA AL HAFIDZ IBNU ROJAB (Bagian 2)
(Lanjutan Muqoddimah)
وقد سألني بعض الإخوان الصالحين أن أجمع لهم ما ورد من أخبار البرزخ  وأحوال الموتى الذاهبين فإن في سماع ذلك للقلوب عظة وهو يحدث لأهل الغفلة  الأنتباه واليقظة فاستخرت الله تعالى في جمع ما ورد في ذلك من الكتاب  والسنة وأخبار سلف الأمة وما ورد في الاتعاظ بالقبور وكلام الحكماء من  منظوم ومنثور كل ذلك على وجه الاختصار لأن استيعاب ذلك يوجب الملل للإطالة  والإكثار. والله المسؤول أن يجعلنا ممن يبادر الفوت ويراقب الموت ويتأهب للرحلة قبل الممات وينتفع بما سمع من العظات بمنه وكرمه.
Beberapa teman saya yang sholeh telah meminta saya untuk mengumpulkan  hadits tentang alam barzakh dan keadaan manusia setelah mati.  Sesungguhnya dengan memperhatikan secara cermat tentang masalah ini,  hati akan menerima berbagai nasehat. pada kenyataannya, alam barzakh  selalu berbicara kepada manusia yg lupa agar memperhatikan dan sadar.  Menanggapi permintaan ini sayapun segera memohon kepada Allah untuk  memilihkan yang terbaik dalam pengumpulan pembicaraan tentang masalah ini  dari al qur’an, hadits dan berita dari ulama’ salaf. juga dari  nasehat tentang alam kubur , pembicaraan para ahli hikmah baik dalam  bentuk puisi maupun prosa. Semua itu saya ambil secara ringkas, karena  jika terlalu terperinci akan menjadikan bosan dan memakan banyak  halaman.
Kepada Allah kita memohon agar menjadikan kita termasuk  golongan orang yang segera beramal, memperhatikan kematian, bersiap bekal  untuk pindah sebelum kedatangan ajal dan mengambil manfa’at dari nasehat  yang didengar, dengan anugrah dan karunia-Nya.
وقد قسمته ثلاثة عشر بابا والله المسؤول أن يجعله عملا خالصا صوابا:
 الباب الأول: في ذكر حال الميت عند نزوله قبره وسؤال الملائكة له وما يفسح  له في قبره أو يضيق عليه وما يرى من منزله في الجنة أو في النار.
الباب الثاني: في ذكر كلام القبر عند نزوله إليه.
الباب الثالث: في اجتماع الموتى إلى الميت عند موته وسؤالهم إياه.
 الباب الرابع: في اجتماع أعمال الميت إليه من خير أو شر ومدافعتها عنه  وكلامها له وما ورد من تحسر الموتى على انقطاع أعمالهم ومن أكرم منهم ببقاء  عمله عليه.
الباب الخامس: في عرض منازل أهل القبور عليهم من الجنة أو النار بكرة وعشيا.
الباب السادس: في ذكر عذاب القبر ونعيمه.
Saya membagi kitab ini dalam 13 bab, kepada Allah lah saya memohon agar  berkenan menjadi kannya sebagai amal yang tulus dan benar.
Bab 1.  tentang keadaan orang mati setelah memasuki alam kubur, pertanyaan  malaikat, penyebab kelapangan dan penyempitan kubur, dan tempat  tinggalnya nanti yg dapat dia lihat di syurga atau neraka.
Bab 2. tentang alam kubur setelah di masuki.
Bab 3. tentang pertemuan orang yang baru meninggal dengan orang yang telah meninggal sebelumnya dan pertanyaan mereka kepadanya.
Bab 4. tentang berkumpulnya orang yang meninggal dengan amalnya yang baik  maupun yang buruk, pembelaan dan pembicaraan mereka kepadanya, kesedihan  orang yang telah meninggal karena terputusnya amalan mereka dan orang yang  paling mulia di antara mereka lantaran mempunyai amal sholeh yang masih  berlanjut.
Bab 5. tentang penampakan tempat tinggal penduduk alam kubur, di syurga atau neraka pada pagi atau sore harinya.
Bab 6. tentang siksa kubur dan kenikmatannya.
الباب السابع: فيما ورد من تلاقي أرواح الموتى في البرزخ وتزاورهم.
 الباب الثامن: فيما ورد من سماع الموتى كلام الأحياء ومعرفتهم بمن يسلم  عليهم ويزورهم ومعرفتهم بحالهم بعد الموت وبحال أقاربهم في الدنيا.
الباب التاسع: في ذكر محل أرواح الموتى في البرزخ.
 الباب العاشر: في ذكر القبور وظلمتها على أهلها وتنويرها عليهم بدعاء  الأحياء وما ورد من حاجة الموتى إلى دعاء الأحياء وانتظارهم لذلك.
الباب الحادي عشر: في ذكر زيارة الموتى والاتعاظ بهم.
الباب الثاني عشر: في استحباب تذكر القبور والتفكر في أحوالهم وذكر أحوال السلف في ذلك.
الباب الثالث عشر: في ذكر كلمات منتخبة من كلام السلف الصالح في الاتعاظ بالقبور وما ورد عنهم في ذلك من منظور ومنثور.
Bab 7. tentang pertemuan arwah orang yang telah meninggal di alam barzakh dan saling mengunjungi.
Bab 8. tentang orang meninggal dapat mendengar pembicaraan orang yang  masih hidup, mengetahui salam mereka, ziarah mereka, dan mengetahui  keadaan mreka seteah meninggal dan keadaan erabatnya di dunia.
Bab 9. tentang tempatnya arwah orang yang telah meninggal di alam barzakh.
Bab 10. tentang kegelapan kubur bagi penduduknya dan terangnya kubur  dengan doa orang yang masih hidup, tentang butuhnya orang yang telah  meninggal kepada doanya orang yang masih hidup dan penantian mereka atas  hal itu.
Bab 11. tentang ziarah kepada orang yang telah meninggal dan mengambil pelajaran dari mereka.
Bab 12. tentang anjuran mengingat kubur, tafakkur keadaa mereka dan sikap para ulama’ salaf dalam hal ini.
Bab 13. tentang kalimat terpilih dari nasehat para salafus sholeh  mengenai alam kubur dan yg tersebut dalam hal itu baik dalam bentuk  puisi maupun prosa.
وسميته كتاب “أهوال القبور وأحوال أهلها إلى النشور”. والله المسؤول أن يجعله خالصا لوجهه مقربا إليه نافعا في الدنيا والآخرة لجامعه ومن وقف عليه إنه أكرم المسؤولين وأعظم المأمولين
Saya namakan kitab ini dengan : “Ahwalul Kubur wa Ahwalu Ahliha Ilan  Nusyur /Hiruk pikuk alam kubur dan keadaan penghuninya sampai hari  kiamat”. Kepada Allahlah saya memohon agar menjadikan karya ini murni  untuk mencari ridlo-Nya dan sebagai jalan untuk mendekatkan diri  kepada-Nya, serta bermanfa’at di dunia dan akherat untuk semuanya. Barang  siapa berhenti kepada-Nya, sungguh Dia adalah semulia-mulia yang dimintai  dan seagung-agung yang diharapkan. Wallohu a’lam. [Ust.Nur Hamzah]  # Rabbi zidna ‘ilman nafi’a #
LINK ASAL:

www.fb.com/groups/notes/1850872728268860

Pos terkait