Bagaimana Menamai Anak Dengan Nama Surat Dalam Al-Qur’an?

  • Whatsapp
Bagaimana Menamai Anak Dengan Nama Surat Dalam Al-Qur'an?

Pertanyaan: Bagaimana Menamai Anak Dengan Nama Surat Dalam Al-Qur’an?

Assalamu alaikum Wr. Wb.

maaf mau tanya bolehkah memberi nama anak dengan nama surat surat yang terdapat di dalam al-qur’an ? terima kasih sebelumnya. [Evan Tiyank Allit].

Bacaan Lainnya

Jawaban Atas Pertanyaan Bagaimana Menamai Anak Dengan Nama Surat Dalam Al-Qur’an?

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

boleh memberi nama anak dengan nama surat surat yang terdapat di dalam al-qur’an sebagaimana keterangan kitab Mughnil Muhtaj 18/160 :

وَلَا تُكْرَهُ التَّسْمِيَةُ بِأَسْمَاءِ الْمَلَائِكَةِ وَالْأَنْبِيَاءِ وَيس وَطَه خِلَافًا لِمَالِكٍ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى

Tidak makruh memberikan nama dengan nama malaikat dan para nabi atau Yasiin atau tohaa, berbeda halnya dengan pandangan Imam Malik.
Dalam Al-Majmuu’ Alaa Syarh al-Muhadzdzab VIII/438 juga disebutkan :

فرع) مذهبنا ومذهب الجمهور جواز التسمية باسماء الانبياء والملائكة صلوات الله وسلامه عليهم أجمعين ولم ينقل فيه خلاف الا عن عمر بن الخطاب رضى الله عنه أنه نهى عن التسمية بأسماء الانبياء وعن الحرد بن مسكن انه كره التسمية باسماء الملائكة وعن مالك كراهة التسمية بجبريل وياسين

[SUB BAHASAN] Dalam Madzhab Kami (Syafi’iyyah) serta mayoritas Ulama Fiqh membolehkan pemberian nama dengan nama para nabi dan malaikat Shalawat Allah semoga tercurah pada mereka dan tidak terdapati perbedaan pendapat kecuali yang diriwayatkan dari Umar Bin Khotthob Ra yang melarang pemberian nama menggunakan nama-nama para nabi.al-Hard Bin Maskan memakruhkan penggunaan nama-nama para Malaikat sedang Imam Malik memakruhkan pemakaian nama Jibril dan Yaasin. Wallaahu A’lam. (Uzlah)

Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat.

[Mijawib: Mas Hamzah, Erlangga As Sumatrani]

Sumber Baca Disini
Silahkan baca juga artikel terkait.

Pos terkait