Hukum Berbuat Baik Pada Non Muslim

  • Whatsapp
Hukum Berbuat Baik Pada Non Muslim

Pertanyaan: Bagaimana Hukum Berbuat Baik Pada Non Muslim?

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Para Mualim yang dimuliakan Allah, mau nanya. Apakah ada hadist yang menjelaskan bahwa tidak mesti berbuat baik kepada sesama muslim saja atau hadist yang menjelaskan kita harus berbuat baik walaupun ia kafir sekalipun? Terima kasih.

Bacaan Lainnya

Jawaban atas pertanyaan Hukum Berbuat Baik Pada Non Muslim

Wa’alaikum salam Wr. Wb

لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. [QS 60:8].

 حَدَّثَنَا عُبَيْدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَتْ قَدِمَتْ عَلَيَّ أُمِّي وَهِيَ مُشْرِكَةٌ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَفْتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْتُ وَهِيَ رَاغِبَةٌ أَفَأَصِلُ أُمِّي قَالَ نَعَمْ صِلِي أُمَّك

…dari Asma` binti Abi Bakar radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Ibuku yang musyrik, pada masa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam datang mengunjungiku. Maka aku meminta fatwa kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. ِAku berkata:“Ibuku datang menemuiku dalam keadaan mengharap kebaikan putrinya. Apakah aku boleh menyambung hubungan dengan ibuku? Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Ya, sambunglah hubungan dengan ibumu.” [SumberShahih Bukhari 6/513/2620].

Wallohu a’lam. Semoga bermanfaat.

[Abdullah Afif]

Sumber Baca Disini
Silahkan baca juga artikel terkait.

Pos terkait