Kisah Unik Mbah Syahid Dijuluki Kiai Alhamdulillah

  • Whatsapp
Kisah Unik Mbah Syahid Dijuluki Kiai Alhamdulillah

Kisah Unik Mbah Syahid Dijuluki Kiai Alhamdulillah

Suatu ketika Beliau pulang dari Semarang bersama Simbah Kyai Cholil Bisri dkk dalam satu mobil. Saat melewati wilayah Demak di kali pinggir jalan banyak orang orang perempuan yang nyuci, mandi, BAB dll, dan itu tidak luput dari pandangan para Kyai itu, Ketika Mbah Cholil melihat mereka ngucap astagfirullah, begitu juga Kyai yang lain ngucap Masya Allah. Tapi Mbah Yai Syahid malah ngucap Alhamdulilah.

Bacaan Lainnya

Yah,,,,

Sangat seringnya bahkan setiap saat Beliau ngucap Alhamdulilah, dalam kondisi & situasi apapun. Hingga pondok pesantren Beliau di beri nama PONPES ALHAMDULILLAH. Lafadh Alhamdulilah memang istimewa. Ia menjadi ayat pertama dalam Al-Qur’an, yaitu diawal surat Al Fatihah, menjadi sarat sahnya khutbah, dan dianjurkan Ketika mengawali dan mengakhiri doa.

Mengucap Alhamdulilah bentuk seseorang berterimakasih kepada Allah, karena dalam kondisi situasi apapun kita selalu mendapat nikmat Allah, (cuma kita tidak merasakannya).

Sabda Rasulullah SAW

ماانعم الله على عبد من نعمة فقال الحمد لله الا ادى شكرها

“SEORANG HAMBA KETIKA DIBERI NIKMAT OLEH ALLAH, LALU IA MENGUCAPKAN ALHAMDULILLAH, MAKA PASTI IA TELAH MEMENUHI SYUKUR ATAS NIKMAT TERSEBUT”

اكثروا من الحمدلله فان لها عينين وجناحين تصلى فى الجنة، تستغفر لقاءلها الى يوم القيامة

“PERBANYAK LAH MENGUCAPKAN ALHAMDULILAH, KARENA IA MEMPUNYAI 2 MATA DAN 2 SAYAP YANG SELALU BERDOA DISURGA, DAN MENDOKAN AMPUNAN BAGI ORANG YANG MENGUCAPKANNYA SAMPAI HARI QIYAMAT.

Mestinya kita malu, Karena hanya ngucap Alhamdulilah setelah makan enak aja. Mari kita menyontoh Beliau Simbah Kyai Syahid Kemadu Sulang Rembang yang setiap saat selalu ngucap Alhamdulilah.

Hari ini, Selasa 2 Maret haul Beliau dan Simbah Nyai Shofiyah Syahid, semoga Allah memberikan kenyamanan kepada Beliau berdua ditaman surga. Semoga kita mendapat berkah ilmu, tawadhuk dan makrifat Beliau. Dan mengalir ke anak cucu kita, menjadi orang yang Sholih.

Demikian Kisah Unik Mbah Syahid Dijuluki Kiai Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.

foto Mbah Yai Syahid & Mbah Yai Sahal Mahfudz

Penulis: KH. Suyatman Hakim, Rembang Jawa Tengah
Peluang Usaha Bisnis Air Isi Ulang

Pos terkait