Perbedaan Tehnik Bekam: Khijamah dan Fashdun

  • Whatsapp
Perbedaan Tehnik Bekam: Khijamah dan Fashdun

Pertanyaan: Perbedaan Tehnik Bekam Khijamah dan Fashdun

Assalamualaikum Wr. Wb. Saya mau tanya, apakah ada perbedaan pengertian pada lafad chajmun (khijamah) dan lafad fashdun yang artinya sama yaitu bekam/membekam, kalau makna pondok pesantren yaitu Canthuk!? Syukron. [Zoe Qie Whi Hoo].

 

Bacaan Lainnya

Jawaban atas pertanyaan Perbedaan Tehnik Bekam: Khijamah dan Fashdun

Waalaikum salaam Wr. Wb. Chajmun dan fashdun sama-sama mengeluarkan darah, cuman kalo chajmun mengeluarkan darah melalui kulit sedangkan fashdun mengeluarkan darah dari ototnya, kalau chajmun sekedar sedikit melukai kulit kemudian darahnya disedot, sedangkan fashdun jalan darahnya dipotong kemudian darah keluar sendiri. Chajmun darah yang keluar sedikit, fashdun darah yang keluar banyak.

الفرق بين الفصد والحجامة:

الحجامة والفصد يجتمعان في أن كلا منهما إخراج للدم ، ويفترقان في أن الحجامة هي: إخراج الدم من الجلدالفصد: قطع العرق ليخرج الدم من ذلك العرق.فالحجامة إخراج الدم من الجلد عن طريق تشريطه تشريطاً خفيفاً جداً ثم يؤتى بآلة ماصة أو عن طريق ما يجذب الهواء ، فيبتز الدم من الجلدويجذبه بالهواءوالفصد إخراج الدم من العرق مباشرة عن طريق قطعه .والحجامة تنقي سطح البدن أكثر من الفصد والفصد لأعماق البدن أفضل والحجامة تستخرج الدم من نواحي الجلد.

قال الشيخ محمد بن موسى نصر نقلا لكلام داود الانطاكي : “الفصد :قطع أحد الأوردة وترك الدم يسيل منها بقدر معلوم ولا يتسبب عنه أذى )).

شرح زاد المستقنع ج7 ص104

والفرق بين الحجامة والفصد: أن الحجامة تكون لأوعية الدم، فتمتص ما هناك من الدم الفاسد، وأما بالنسبة للفصد فإنه يكون للعروق،

Wallohu a’lam semoga bermanfaat. (Santriwati Dumay).

Sumber tulisan ada disini.

Silahkan baca juga artikel terkait.

Peluang Usaha Bisnis Air Isi Ulang

Pos terkait