1444. HUKUM MENJUAL MAKANAN SISA YANG TIDAK DIMAKAN

  • Whatsapp
PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum wr wb…!  permisi badhe tanglet ! bagaimana hukumnya menjual kembali makanan yang sudah dijual tapi tidak dimakan oleh pembeli ? Contoh : pembeli sate 10 tusuk cuma dimakan 5 tusuk nah sisanya boleh tidak kalau dijual lagi ? syukron. [Hasanul Zain].
JAWABAN :
Wa’alaikumussalam. Diperbolehkan menjual kembali makanan yang sudah dijual tapi tidak dimakan oleh pembeli, karena pemiliknya dianggap sudah merelakannya.  Referensi:
التشريع الجنائي في الإسلام الجزء 4 صحـ : 164 مكتبة الشاملة الإصدار الثانياْلأُشْيَاءُ الْمَتْرُوْكَةُ هِىَ اْلأُشْيَاءُ الَّتِىْ كَانَتْ مَمْلُوْكَةً لِلْغَيْرِ ثُمَّ تَخَلَّى عَنْهَا مَالِكُهَا كَالْمَلاَبِسِ الْمُسْتَهْلِكَةِ وَبَقَايَا الطَّعَامِ وََكَنَاسَةِ الْمَنَازِلِ وَحُكْمُ اْلأُشْيَاءِ الْمَتْرُوْكَةِ هُوَ حُكْمُ اْلأَشْيَاءِ الْمُبَاحَةِ ِلأَنَّ اْلأَشْيَاءَ الْمَتْرُوْكَةَ تُصْبِحُ بِتَرْكِهَا لاَ مَالِكَ لَهَا وَمِلْكُ الشَّيْءِ لِلْغَيْرِ وَاجِبٌ ِلاعْتِبَارِ السَّرِقَةِ اهـ
Translate dari ta’bir nya Mbah Jenggot II : Barang-barang yang ditinggalkan adalah barang-barang yang dimiliki oleh orang lain kemudian barang tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya seperti halnya pakaian-pakaian yang mau rusak, berbagai makanan, sapu-sapu rumah. Hukum barang-barang yang dinggalkan tesebut adalah seperti halnya hukum barang-barang yang mubah, karena sesungguhnya barang-barang yang ditinggalkan akan menjadi tidak punya pemilik ketika telah ditinggalkan. Dan kepemilikan orang lain terhadap suatu barang, adalah merupakan (syarat) wajib, untuk menganggap (pengambilan barang) sebagai perbuatan pencurian. Wallohu a’lam. [Mbah Jenggot II, Kang As’ad].
Link Diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/390407500982064/

Pos terkait