0895. Haramnya Mempelajari Kitab Agama Selain Al-Qur’an

  • Whatsapp
PERTANYAAN :
Assalamua’alaikum. Salam silaturahmi, ana mau tanya apa tidak apa-apa kita selaku seorang muslim membaca atau mempelajari kitab selain kitab al-quran ( kitab non muslim ) seperti injil dll  ??? mohon bimbingannya. Syukron. [Kaito Kids Amaterasuno ].
JAWABAN :
Wa’alaikum salaam. Tidak boleh menelaah kitab-kitab karangan yang bukan dari orang islam, kecuali bagi orang yang mengerti dan dapat membedakan yang haq dan yang bathil. Lihat Mukhtasar alfawaid almakiyyah hal 102-103 :
قال في الفتاوي الحديثيه لايجوزقرأءةسيرة
البكري لان غالبهاباطل وكذب وقداخبلط فحرم الكل حيث لامميز إ ه ومن ذلك تعلم حرمة قرأءة نزهة المجالس ونحوهاممااختلط الباطل فيه بغيره حيث لامميزإلي ان قال في التحفة يحرم علي غيره عالم متبحرمطالعة نحوتوراة علم تبدلهاأوشك فيه
Dalam alfatawa alhaditsiyah ibnu hajar alhaitami berkata:tidak boleh membaca buku siroh albakri karena sebagian isinya merupakan kebathilan dan kebohongan yang bercampuraduk, maka keseluruhannya menjadi haram sekira tidak terdapat perbedaan antara yang bathil dan yang haq. Dengan demikian dapat diketahui keharaman membaca nuzhah almajalis dan semisalnya dari buku-buku di dalamnya termuat kebatilan yang tercampur dengan yang lainnya sekira tidak terdapat perbedaan…Dalam tuhfah almuhtaj beliau berkata:bagi selain orang yang berpengetahuan luas diharamkan membaca kitab seperti taurot, yang sudah diketahui atau diragukan terdistorsi (berubah). [Dewi Rosita].

Peluang Usaha Bisnis Air Isi Ulang

Pos terkait