5017. KAJIAN KITAB: FUTUHUL GHAIB (BAGIAN 74)

[Menyingkap Rahasia Ilahi] Mutiara karya Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany ra
RISALAH KE-74
Masalah pertama yang patut diperhatikan oleh  orang yang berakal ialah keadaan dan suasana dirinya sendiri, setelah  itu barulah ia melihat atau memperhatikan seluruh mahluk dan ciptaan.  Dari semua itu, dapatlah diketahui di mana sumber semua itu dan siapa  yang mencipta semua itu. Sebab, mahluk itu adalah tanda Al Khaliq (yang  mencipta), tanda yang menunjukkan kekuasaan Yang Maha Gagah dan  menunjukkan bahwa yang menciptakan itu tentu Maha Bijaksana.
Adanya mahluk menunjukkan adanya Al Khaliq, karena semua mahluk itu ada lantaran Dia menciptakannya. Inilah yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra dalam ulasannya tentang  firman Allah, “Dan Dia jadikan untukmu segala yang di langit dan di  bumi.”
Diriwayatkan bahwa ulasan ayat tersebut ialah sebagai berikut :  Dalam setiap sesuatu itu ada satu sifat di antara sifat-sifat Allah dan  dalam setiap nama itu terdapat satu tanda untuk salah satu diantara  nama-nama-Nya.
Dengan demikian, kamu pasti berada dalam salah satu di antara nama-nama, sifat-sifat dan perbuatan-perbuatan-Nya. Batin-Nya melalui kuasa-Nya dan zhahir-Nya melalui kebijaksanaan-Nya.  Dia tampak di dalam sifat-sifat-Nya dan terpelihara diri-Nya. Diri-Nya  terpelihara di dalam sifat-sifat-Nya dan sifat-sifat-Nya terpelihara di  dalam perbuatan-perbuatan-Nya. Dia menampakkan ilmu-Nya melalui  iradat-Nya dan Dia menyatakan iradat-Nya di dalam gerak-Nya. Dia  menyembunyikan kemahiran dan kebijaksanaan-Nya, dan menyatakan kemahiran  dan kebijaksanaan-Nya melalui iradat-Nya.
Maka, Dia bersembunyi di dalam ghaib-Nya dan tampak di dalam kebijaksanaan dan kekuasaan-Nya. Firman Allah, “… tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS 42:11).
Sesungguhnya banyak rahasia-rahasia ilmu kerohanian di dalam kenyataan  ini yang tidak diketahui oleh orang-orang yang hatinya tidak mempunyai  sinar kerohanian.
Ibnu Abbas mendapatkan ilmu itu karena doa Nabi Muhammad SAW untuknya. Nabi mendoakannya :  “Ya Allah, berilah ia pengetahuan tentang agama dan ajarlah ia pengertian tentang Al Qur’an.”
Semoga Allah melimpahkan karunia seperti ini kepada kita semua dan  memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang diberi rahmat oleh  Allah di hari pembangkitan kelak.
المقالة الرابعة والسبعون  فـيـمـا يـنـبـغـي لـلـعـاقـل أن يـســتـدل بـه  عـلـى وحـدانـيـة الله تـعـالـى
 قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : أول ماينظر العاقل في صفة نفسه و  تركيبه ثم في جميع المخلوقات و المبدعات فيستدل بذلك على خالقها و بمدعها،  لأن فيه دلالة على الصانع و في القدرة المحكمة آية على الحكيم، فإن  الأشياء كلها موجودة به.
و في مـعـنـاه ما ذكر عن ابن عباس رضي الله  عنهما في تفسير قوله تعالى : وَسَخَّرَ لَكُم مَّا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا  فِي الارْضِ جَمِيعاً مِّنْهُ.الجاثية١٣. فقال في كل شئ اسم من أسمائه و  اسم كل شئ من اسمه، فإنما أنت بين أسمائه و صفاته و أفعاله، باطن بقدرته و  ظاهر بحكمته، ظهر بصفاته و بطن بذاته حجب الذات بالصفات و حجب الصفات  بالأفعال، و كشف العلم بالإرادة و أظهر الإرادة بالحركات، و أخفى الصنع و  الصنيعة و أظهر الصنعة بالإرادة، فهو باطن في غيبه و ظاهر في حكمته و قدرته  لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ البَصِيرُ.الشورى ١١.
و  لـقـد أظـهـر في هذا الكلام من أسرار المعرفة ما لا يظهر إلا من مشكاة فيها  مصباح، أمره برفع يد العصمة اللهم فقهه في الدين و علمه التأويل، أنالنا  الله تعالى بركاتهم و حشرنا في زمرتهم و حرمتهم آمين. و الله أعلم.
LINK ASAL:
www.fb.com/notes/1349961095026695

www.fb.com/groups/piss.ktb/1281673338522138

Pos terkait