1495. INILAH 7 PERKARA PENYEBAB MALAIKAT JIBRIL BERHARAP MENJADI MANUSIA

  • Whatsapp
PERTANYAAN :
Assalamu’alaikum. Ada sedikit yang mengganjel nih, tentang Sabda Rasulullah s.a.w. Bahwa malaikat Jibrail a.s. sentiasa mengharap hendak menjadi manusia kerena tujuh perkara. Apakah benar ada hadis tersebut, seandai’y ada mhon syarah haditsnya ? Kita ketahui bahwa semua malaikat itu “manzuhuun ‘an shifaatil basyari”, bersih dari sifat-sifat manusia, “fa laisa lahum syahwatun”, mereka tidakmempunyai syahwat. Syeikh Nawawi Al-Bantany, Bitsamaaril Yaani’ah Fii Ar-Riyadlil Badi’ah, hal. 10. melihat ibarot dari kitab Bitsamaaril Yaani’ah ini bahwa malaikat itu tidak mempunyai keinginan/syahwat, nah, bagaimana dengan hadis di atas. Mohon pengkinclongan. Trims. [Muhammad Mandalla Al-Haq].
JAWABAN :
Wa’alaikum salam wr.wb. Dalam kitab ‘wasiyatul musthofa’ terdapat hal demikian : ” malaikat jibril berharap menjadi keturunan anak adam karena 7 perkara:
1. sholat 5 waktu berjama’ah
2. duduk bersanding dengan para ulama
3. menjenguk orang sakit
4. mengiring jenazah
5. memberi minum kepada orang lain
6. mendamaikan 2 orang
7. memuliakan tetangga dan anak yatim
يا على تمنى جبريل ان يكون من بنى ادم لسبع خصال الصلوات الخمس مع الامام و مجالسة العلماء و عيادة المريض و تشييع الجنا زة و سقى الماء و الصلح بين الاثنين و اكرام الجار و اليتيم      وصية المصطى ص ٤
Amalan-amalan tersebut amat besar pahalanya, dan amalan tersebut tidak ada pada para malaikat. Lafadz “tamanni” pada kalimat :
ﺗﻤﻨﻰ ﺟﺒﺮﻳﻞ ﺍﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻦ ﺑﻨﻰ ﺍﺩﻡ
Apakah tamanni termasuk syahwat ? Tamanni dalam lingkup malaikat bukan syahwat, seperti yang diketahui bahwasanya para malaikat tidak punya sahwat.. Tetapi ini sekedar pendorong supaya anak turun nabi Adam lebih mensyukuri keberadaannya, bahwasanya kedudukan anak Adam itu bisa jauh melebihi malaikat, jikalau mereka benar-benar mengamalkan apa yang disyariatkan. Wallaahu A’lamu Bis showaab. [Abdurrahman As-syafi’i, Abdullah Al-Bughisy].
Link diskusi :

www.fb.com/groups/piss.ktb/368629546493193/

Baca Juga >  0574. ANCAMAN BAGI ORANG YANG BICARA AGAMA TANPA ILMU

Bacaan Lainnya

Pos terkait